GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 12 BANJARMASIN

Febiyolla Usmaya, Zainal Fauzi, Ainun Heiriyah

Abstract


Media sosial yang sedang naik daun di Indonesia adalah aplikasi TikTok, aplikasi ini banyak digunakan oleh pelajar. Tiktok memberikan dampak positif dan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru Bimbingan Konseling di SMAN 12 Banjarmasin dalam mengatasi dampak negatif penggunaan TikTok pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru Bimbingan dan Konseling dan 8 siswa di SMAN 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, data kondensasi, dan penarikan kesimpulan/vertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Bimbingan Konseling (BK) di SMAN 12 Banjarmasin memiliki peran penting dalam membantu siswa mengelola dampak negatif penggunaan TikTok, terutama terkait dengan kesehatan mental dan interaksi sosial. Guru BK memberikan bimbingan baik secara individu maupun klasikal, membantu siswa memahami risiko kecanduan, stres, dan perbandingan sosial yang dapat ditimbulkan oleh media sosial. Strategi guru BK dalam mengatasi dampak negatif tiktok melalui edukasi rutin tentang penggunaan media sosial yang sehat, mengelola waktu, memilih konten bijak, dan menjaga privasi.

Keywords


Guru, Bimbingan dan Konseling, Media Sosial, Peran, Strategi

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2018). Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.16

Dewi, R. K. (2017). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk perilaku Disiplin Pada Siswa UPTD SMP Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Kediri.

Hafifah, S. N., Purwandari, D. A., & Kurniawan, N. (2024). Perubahan Perilaku Sosial Siswa Pengguna Media Sosial Tik-Tok di SMPN 222 Jakarta. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3877–3887. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Ilahin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 112–119.

Kartini, I. I., Rohaeti, E. E., & Fatimah, S. (2020). Gambaran motivasi belajar peserta didik saat pandemi covid 19 (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Arjasari yang sedang Belajar dari Rumah karena Pandemi Covid 19). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 140. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i4.5334

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693

Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 263–296. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Reakatama Media.

Purwadini, A. P., Syafitri, E. N., & Wiyani, C. (2023). Kecanduan penggunaan media sosial tik tok dengan tingkat stress pada siswa sma kelas x di sma kolombo. SBY: Proceedings, 2(1).

Ranakusuma, O. I., Trisiswati, M., & Utami, S. P. (n.d.). Sejahtera Universitas Yarsi Dan Guru Bimbingan. 79–87.

Reno Rahmadiansyah Srg. (2024). The rapid advancement of information and communication technology has significantly impacted the lives of children and adolescents. While social media offers numerous benefits, its irresponsible use can lead to risks of personal data abuse and cybercrime. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(6), 101–109. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i6.405

Rohani, Husnul Madinah, & Aminah. (2022). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Mengatasi Masalah Siswa Merokok di SMA Negeri 1 Anjir Muara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6040–6054.

Rosen, L. D., Mark Carrier, L., & Cheever, N. A. (2013). Facebook and texting made me do it: Media-induced task-switching while studying. Computers in Human Behavior, 29(3), 948–958. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.12.001

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk efektifitas komunikasi.Cakrawala. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 16 (2(1).

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan Hukum Tentang Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics