EKSISTENSI GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 WARU SIDOARJO

Naufal Alawy, Novy Nur Mahmudah, Wiwin Luqna Hunaida, Muhammad Fadhil Akbar

Abstract


Pada era 5.0 ini, moral menjadi aspek yang memiliki potensi terdegradasi dalam kehidupan manusia. Hal ini menjadikan tantangan dalam berbagai bidang seperti bidang dalam kehidupan yang termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Maka dalam hal ini, pemerintah khususnya Kemendikbud menyusun sebuah gagasan profil pelajar Pancasila untuk mengembalikan dan menumbuhkan moral bagi peserta didik. Dalam upaya perealisasian gagasan tersebut tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang berada di satuan pendidikan. guru bimbingan konseling (BK) menjadi salah satu pihak yang sangat diperlukan dalam mendukung upaya ini. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengulas peran BK dalam optimalisasi gagasan profil pelajar Pancasila. Peneliti memilih lokasi SMPN 1 Waru selain karena lokasinya yang terletak pada daerah urban serta di instansi inilah guru BK memiliki peran penting dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang dipakai dalam artikel ini ialah metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh dari observasi yang dilakukan selama dua minggu, wawancara kepada salah satu guru BK yang terdapat di SMP Negeri 1 Waru. Selain itu, data juga diperoleh dari hasil dokumentasi. Teknik analisa data yang dipilih adalah teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya guru BK di SMP Negeri 1 waru memiliki peran penting dalam menumbuhkan profil pelajar Pancasila. Upaya BK tersebut ialah menjadi fasilitator bagi peserta didik dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila. Upaya BK menjadi fasilitator tersebut direalisasikan lewat konseling dan pemberian tugas yang menunjang nilai profil pelajar Pancasila. Selain itu, upaya lain yang dilakukan guru BK ialah menjadi konselor bagi peserta didik. Upaya-upaya yang dilakukan guru BK ini menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik bimbingan kelompok.

Full Text:

PDF

References


Destriani. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Incare : International Journal Of Educational Resources., 02(06), 647–664.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.

Feriyal, D. E. S. M. &. (2023). Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Kenakalan Remaja Pada Kelas Xi Di Smk Telematika Sindangkerta Kabupaten Indramayu Indramayu. 1(12), 1505–1510.

Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.

Henni Syafriana N., D. (2019). Dr. Henni Syafriana Nasution, Ma Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd.

Hikmawati, F. (2015). Bimbingan Dan Konsleing.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. 6(1), 1224–1238.

Jamila, J., Hasibuan Fauzi, M., & Ngayomi Yudha Wastuti, S. (2023). Modul Bimbingan Dan Konseling Berbasis Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 865–875. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V4i2.347

Kahfi, A. (N.D.). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. 138–151.

Kartilah. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun, 05(02), 69–79. Http://Ejournal.Undar.Or.Id/Index.Php/Thalaba

Masdudi. (2015). Bimbingan Dan Konseling Prespektif Sekolah. Nurjati Press, 215.

Mulyadi. (2014). Bimbingan Dan Konseling. In Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Oksari Sihaloho, D. (2024). Peran Bimbingan Konseling Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa. Hemat: Journal Of Humanities Education Management Accounting And Transportation, 1(2), 744–747.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0. 19(02), 99–110.

Sulalah, A. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Konseling Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Research Student, 224(11), 122–130.

Sunaryo, K. (2007). Teori Bimbingan Dan Konseling. Seri Landasan Dan Teori Bimbingan Konseling, 10(1), 1–16. Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Psikologi_Pend_Dan_Bimbingan/195003211974121-Sunaryo_Kartadinata/Teori_Bimbingan_Dan_Konseling-2.Pdf

Destriani. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Incare : International Journal Of Educational Resources., 02(06), 647–664.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.

Feriyal, D. E. S. M. &. (2023). Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Kenakalan Remaja Pada Kelas Xi Di Smk Telematika Sindangkerta Kabupaten Indramayu Indramayu. 1(12), 1505–1510.

Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.

Henni Syafriana N., D. (2019). Dr. Henni Syafriana Nasution, Ma Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd.

Hikmawati, F. (2015). Bimbingan Dan Konsleing.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. 6(1), 1224–1238.

Jamila, J., Hasibuan Fauzi, M., & Ngayomi Yudha Wastuti, S. (2023). Modul Bimbingan Dan Konseling Berbasis Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 865–875. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V4i2.347

Kahfi, A. (N.D.). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. 138–151.

Kartilah. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun, 05(02), 69–79. Http://Ejournal.Undar.Or.Id/Index.Php/Thalaba

Masdudi. (2015). Bimbingan Dan Konseling Prespektif Sekolah. Nurjati Press, 215.

Mulyadi. (2014). Bimbingan Dan Konseling. In Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Oksari Sihaloho, D. (2024). Peran Bimbingan Konseling Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa. Hemat: Journal Of Humanities Education Management Accounting And Transportation, 1(2), 744–747.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0. 19(02), 99–110.

Sulalah, A. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Konseling Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Research Student, 224(11), 122–130.

Sunaryo, K. (2007). Teori Bimbingan Dan Konseling. Seri Landasan Dan Teori Bimbingan Konseling, 10(1), 1–16. Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Psikologi_Pend_Dan_Bimbingan/195003211974121-Sunaryo_Kartadinata/Teori_Bimbingan_Dan_Konseling-2.Pdf




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics