PENGEMBANGAN INSTRUMENT PENILAIAN KONSEP DIRI UNTUK KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMP

Happy Fathimatur Rosyidah, Sarwi Sarwi, Ellianawati Ellianawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengembangan instrumen penilaian konsep diri terkait kepedulian lingkungan bagi siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, sementara data tambahan untuk mendukung temuan penelitian diperoleh dari 20 responden, yang terdiri atas 5 guru dan 15 siswa kelas VII, VIII, dan IX di SMPN 22 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada aspek kepedulian terhadap lingkungan. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, serta pencatatan lapangan. Proses analisis data mencakup tahapan reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrument penilaian konsep diri untuk kepedulian lingkungan bagi siswa SMP sangat diperlukan untuk mempermudah guru dalam menilai peserta didik yang memiliki sikap peduli lingkungan secara efektif dan efisien.

Keywords


Pengembangan Instrument Penilaian, Konsep Diri, Kepedulian Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9956

Saputri, R. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15187

Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics