Tingkat Fanatisme Penggemar K-Pop di Aplikasi X

Ainun Khusnita Salsabilla Zain, Elia Firda Mufidah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat fanatisme penggemar K-Pop yang ada di Aplikasi X. K-Pop saat ini menjadi perbincangan hangat dikalangan remaja dan hampir sebagian besar remaja sangat menggandrumi K-Pop. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengukur tinggat fanatisme yang ada di aplikasi X dengan empat indikator yang diantaranya adalah imitasi, konsumtif, obsesif, dan agresif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah penggemar K-Pop di Aplikasi X dengan kriteria usia 15 – 26 tahun baik dari kalangan fangirl ataupun fanboy dan aktif di sosial media X. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuisoner yang dibantu oleh autobase khusus mahasiswa (@collegemenfess) dengan pengikut 1,2jt dan postingan peneliti di akun pribadinya sehingga didapatkan responden sebanyak 412 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tingkat fanatisme penggemar K-Pop yang ada di Aplikasi X dikategorikan dalam kategori sedang.


Keywords


Fanatisme, Penggemar K-Pop, Aplikasi X

Full Text:

PDF

References


Adinaya, G. B. (2018). Penelitian Mengungkap Bahwa Perempuan Lebih Emosional daripada Lelaki. https://nationalgeographic.grid.id/read/13909727/penelitian-mengungkap-bahwa-perempuan-lebih-emosional-daripada-lelaki?page=all

Chouraqui, F. (2019). Fanaticism as a Worldview. Philosophical Journal of Conflict and Violence, 3(1). https://doi.org/10.22618/tp.pjcv.20193.1.192002

Damasta, G. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada Fans JKT48 di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(04), 13–18.

Fransisca, C., & Erdiansyah, R. (2020). Media Sosial dan Perilaku Konsumtif. Prologia, 4(2), 435. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6997

Gulo, D. (2021). Hubungan celebrity worship dengan perilaku konsumtif siswa penggemar k-pop di SMK negeri 1 percut sei tuan. 1–100.

Jannah, M. (2014). Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita yang Memiliki Fanatisme K-Pop di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3571

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861

Lejoyeux, M., & Weinstein, A. (2010). Compulsive buying. American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36(5), 248–253. https://doi.org/10.3109/00952990.2010.493590

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara (CMN). https://books.google.co.id/books?id=Ntw_EAAAQBAJ&lpg=PR1&ots=f2tL7ORq5u&dq=metode penelitian deskriptif&lr&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q=metode penelitian deskriptif&f=false

Saputri, K. P. (2019). Tingkat Fanatisme Anggota Dance Cover Pada K-Pop. 2013, 1–7. https://repository.ump.ac.id/9200/3/Kurnia Prima Saputri_BAB II.pdf

Suyasa, P. T. Y. ., & Fransisca. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran. Jurnal Phronesis , 7(2), 172–199. https://www.researchgate.net/publication/319751850_Perbandingan_Perilaku_Konsumtif_berdasarkan_Metode_Pembayaran

Virly, N., & Muhid, A. (2023). Mengubah Perilaku Compulsive Buying Pada Remaja Melalui Cognitive Behavioral Therapy : Literature Review. Psycho Aksara : Jurnal Psikologi, 1(1), 9–18. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pyschoaksara/article/view/737

Watra, I. wayan. (2018). OTAK PEREMPUAN DALAM KONSEP“KIWA TENGEN". Taksu Majalah Kebudayaan. http://repo.unhi.ac.id/jspui/handle/123456789/254

Yumna, R., Sabila, A., & Fadhilah, A. (2020). Aktivitas Fanatisme Kpop Di Media Sosial (Analisis Tekstual Pada Akun Twitter @Wingsforx1). Syntax Idea, Vol. 2, No. 5 Mei 2020, 02(9), 108.

.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics