Validity of the Digital Module Exploration of Physics Concepts in Making “Jember Batik Crafts” as an Effort to Support Local Wisdom-Based Multicultural Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ammy, P. M. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora. 1(1):644-651
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1):37-44
Amelia, D., Wibowo, F. C., & Sanjaya, L. A. (2023, January). Modul Digital Fluida Berbasis STEM (MD-FISTEM) sebagai bahan ajar fisika. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 11).
Badawi, A. I., & Qaddafi, M. (2015). Efektivitas penggunaan modul berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 3(2):110-114.
Elisa, E., Prabandari, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Inayati H. L. W., & Nuraini, L. (2022). Digital Module Innovation Based on Exploration of Physics Concepts Containing Local Wisdom "Making Traditional Snacks" to Support the Formation of Pancasila Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2923–2932
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Agustin, M. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 218–235.
Harianto, R. (2023). Media Pembelajaran Digital Phisycs Module di SMA: Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1): 86-92.
Hunaepi, H., Firdaus, L., & Kurnia, N. (2016). Validitas Buku Ajar Ekologi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 94-101.
Indonesian Batik. Retrieved June 8, 2023, from UNESCO website: https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian batik-00170.
Ismet, I., Edi, R., Haryani, M. E., & Saparini, S. (2022). Pendampingan Pembuatan E-modul untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital bagi Guru MGMP IPA Kota Pagaralam. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4):1638-1646.
Jayanti, F. K., Aryanto, H., & Christianna, A. (2019). Perancangan Buku Fotografi Fashion Batik Sumber Jambe khas Jember. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14): 9.
Nana, N. (2020). Pengembangan Inovasi Modul Digital dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring di Masa New Normal. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) (Vol. 5).
Nurvirani, D. A., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Tentang Pemanasan Global. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3): 144-150.
Putri Rahma Sari, D. Industri Rezti’s Batik Mboeloe Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2011-2018 (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember).
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.
Rosmiati, R., & Satriawan, M. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Kebumian Untuk Meningkatkan Literasi Iklim Di Indonesia. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 177-189.
Salsabila, K. R., Fajrie, N., & Ermawati, D. (2023). Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 372–378. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4575
Sera, O. P. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berupa Batik Tulis Lampung Pada Materi Suhu Kalor Untuk Peserta Didik Kelas Xi (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan,1(1).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i4.8618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lailatul Nuraini, Singgih Bektiarso, Safina Aulia Sani, Rike Dwi Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.