Development of Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning in Ecosystem Learning Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Barasa, M. (2021). Desain dan uji coba lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi larutan elekrolit dan non elektrolit sebagai sumber belajar peserta didik (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Elhefni. (2011). Strategi Belajar: Revansi CTL dan KTSP. Palembang: Grafika Telindo Press.
Fanani, D. (2018). Keefektifan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6(02). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36767
Irnaningtiyas. (2013). Biologi Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Isrok’atun., Hanifah, N., & Sujana, A. (2018). Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Based Learning Bagi Anak Sekolah Dasar. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20. https://jurnal.unigal.ac.id/artefak/article/view/3180
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lase, n.k & Z, nurlina,.(2022). pengembangan LKPD berbasis contextual teaching and learning pada materi sistem eksresi manusia dikelas VIII SMP negeri 3 idanogawo.jurnal pendidikan minda,3 (2).
https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462/412
Lestari, Y., D. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi perubahan lingkungan. Jurnal bioedu, 6 (3).
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/20878/19151
Muslich, M. (2011). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontektual. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningrum, S. N. K., & Winarsih. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Sub-Materi Interaksi Antar Komponen Ekosistem. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi,9(3), 406–413.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36767
Rahman, I. N,. (2020). Pengembangan LKPD berbasis Kontektual untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran. Vol. 7 no 1.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/10678
Rahmawati, A., &Yonata, B. (2019). pengembangan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi keseimbangan kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8 (2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/28442
Romlah, S., Hodijah, N., & Taufik, A. N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Global Warming. Journal of Science Education, 6(1), 278–284. https://www.researchgate.net/publication/356867169
Riduwan.(2010). skala pengukuran variabel-variabel penelitian, Bandung: Alfabeta.
Retnawati, H.(2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyanto, Y. Hasibuan MHE,& Anggereni E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kontekstual pada materi Ekosistem kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan penerapannya di indonesia. Prosiding seminar nasional SINESTEKMAPAN. Universitas Quality 1 (1),1276-1283. https://www.researchgate.net/publication/331638425
Trianto.(2010). model pembelajaran terpadu. jakarta : Bumi aksara. Hal.111.
Prastowo, adi. 2021. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif yogyakarta : Diva Press.
Yunipiyanto M R. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Studi Sosial. 8 (1). 1-15. http://repository.lppm.unila.ac.id/27022/1/21018-49184-1-PB.pdf
Widayati, S. (2009). Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Annisa Ayu, Nirwana Anas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.