The Effect of Couple Card Media on Elementary School Students’ Science Learning Outcomes in Class IV MIN 8 Medan City
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, E. D., Sujadi, A. A., & Widodo, S. A. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dilengkapi Crossword Puzzle Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 3 Sawangan Magelang. UNION, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.30738/.v2i1.14
Artini, Rai. J., Adnyana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Bologi Undiksha, 6(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i1.21923
Bhawanayani, L. P., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Bermediakan Couple Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia, 8(2), 65–73. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2924
Dwipayani, N. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, D. B. K. N. S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 191–199. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3118
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20720/
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Praya: Nashir Al- Kutub Indonesia. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/339040496_KUASI-EKSPERIMEN
Marlina, R., Oktavianty, E., Silitonga, H. T. M., & Sandra, N. M. (2021). Application of Crossword Puzzle Multimedia to Improve the Science Education Learning Process and Outcomes at Junior High Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(4), 622-632. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.25350
Muaddab, H., & Nafisah, K. (2023). Kepemimpinan Moral dalam Perspektif The Model for Interpersonal Teacher Behavior. MEDIASOSIAN: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 7(1), 162–182. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4460
Muniharti, M. (2020). Penerapan Permainan Couple Card untuk Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Bagian Tubuh Kita pada Siswa Kelas I SDN 2 Sambongwangan Semester 1 Tahun 2019/2020. Semarang: Widyasari Press. Retrieved from https://widyasari-press.com/penerapan-permainan-couple-card-untuk-peningkatan-hasil-belajar/
Nurhayati, T., Alfiani, D. A., & Setiani, D. (2019). The Effect of Crossword Puzzle Application on The Students’ Learning Motivation in Science Learning. Al Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1):124-133. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.4186
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelanjaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Radily, L. (2013). Pengaruh Penggunaan Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1402
Rahmawati, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Materi Mengenal Sifat Wajib bagi Allah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP), 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnalcendekia.id/index.php/jipp/article/view/5
Rahmi, M., Fitriani, F., & Kurniasih, D. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Excnhange (RTE) Berbantuan Media Couple Card pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Adisucipto Sungai Raya. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1), 79-87. https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.945
Sagala, S. (Ed. 13). (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sappaile, B. I., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Global Research and Consulting Institute (Global RCI). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/358888621
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Parameter, 32(1), 30-52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03
Zulfahnur, J. A., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan Media CORD (Couple Card) untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/40743
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indi Rahmawati, Safran Safran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.