Analysis of Sociomathematical Norms Aspect Based on Mathematical Reflective Thinking Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, S., Supriadi, N., & Pratiwi, D. D. (2019). Norma Sosiomatematik Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa peran penting dalam berbagai disiplin dan rasa ketertarikan pada suatu hal , tendency to pay attention to and enjoy kecenderungan yang tetap untuk pokok bagi siswa untuk berusaha dalam. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 153–164.
Arwadi, F., Alimuddin, & Rabani, M. H. (2022). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Indonesian Teachers for Social Science and Humanities, 1(2), 33–42.
Avianti, Y. M., & Ratu, N. (2020). Profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal tipe-tipe perkalian ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 637–644. https://doi.org/10.33654/math.v4i1.81
Dickes, A. C., Farris, A. V., & Sengupta, P. (2020). Sociomathematical Norms for Integrating Coding and Modeling with Elementary Science: A Dialogical Approach. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 35–52. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09795-7
Dini, D. F. R., & Maarif, S. (2022). Desimal : Jurnal Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, V(1), 31–102. https://doi.org/10.24042/djm
Duwila, F., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 246–259.
Indriani, A., & Ardiani, F. (2019). Karakteristik Berpikir Intuitif dan Norma Sosiomatematik Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 310–321.
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165
Kajori, F. I., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(2), 103–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v3i2.11111
Karli, H. (2018). Implementasi Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. 31, 47–58.
Mayowi, L. I., & Maarif, S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Aspek Norma Sosiomatematik. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.101
Muntazhimah, M., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2021). The relation between prior knowledge and students’ mathematics reflective thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012043
Muzaimah, M., & Noer, S. H. (2019). The analysis of students ’ reflective thinking skills in solving mathematical story problems on quadrilateral material. Regular Proceeding 3rd ISIMMED, 21–26.
Ngadino, D., Sukoriyanto, S., & Sudirman, S. (2022). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 344. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9009
Ningsih, E. F. (2022). Membangun empati di era eksponensial melalui norma sosiomatematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 62–74. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29357
Noer, S. H., Gunowibowo, P., & Triana, M. (2020). Improving students’ reflective thinking skills and self-efficacy through scientific learning. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012036
Noviyanti, E. D., Purnomo, D., & Kusumaningsih, W. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 3(1), 57–68.
Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Salim, R. W. M., & Ma’arif, S. (2021). Analisis Sociomathematical Norms Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring SMKN 39 Jakarta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3207–3221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.877
Saputri, K. D., & Maarif, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Sociomathematical Norms. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7704
Sihaloho, R., Zulkarnaen, R., & Haerudin, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 271–281. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.928
Sulfikawati, D., Suharto, S., & Kurniati, D. (2016). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Jurnal Edukasi, 3(3), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3513
Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808
Syamsuddin, A. (2020). Describing taxonomy of reflective thinking for field dependent-prospective mathematics teacher in solving mathematics problem. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4418–4421.
Utari, R. S. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, November. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/01/men
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diah Sofiana Eka Putri Siregar, Hikmatul Khusna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.