The Effectiveness of Science Laboratory Management at Junior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adilah, M., Setiadi, A. E., & Kahar, A. P. (2021). ANALISIS STANDARISASI LABORATORIUM BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA PONTIANAK (The Analysis of Standardization of Biology Laboratory at Senior High School in Pontianak). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(2), 195. https://doi.org/10.22373/jid.v21i2.5995
Desti, & Maryanti, A. (2019). Profil Laboratorium Dan Kompetensi Guru Pengelola Laboratorium IPA/Biologi SMP Negeri Di Kota Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(2), 64–70.
Evana, Y., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). The management of science laboratory at senior high school in digital era. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 660. https://doi.org/10.29210/021105jpgi0005
Handayani, I. N., Mamurotun, & Gunawan, I. (2022). Pelatihan Gerakan Sadar Inspeksi dan Pemeliharaan Pencegahan Peralatan di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Tangerang. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39213
Harahap, L. J., Siregar, R. A., & Marpaung, dwi ratna anjaning kusuma. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Kelengkapan Sarana Prasarana Laboratorium Biologi di SMA Negeri Kota Padangsidimpuan. Bioedunis Journal, 01(1), 9–16.
Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., & Hulu, F. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 105–122.
Hastiana, Y., Saputri, W., & Sriutami, M. (2023). Peranan dan Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium yang Optimal. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(2), 84–90.
Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24
Karlina, D. P. (2022). ANALISIS PROFIL MANAJEMEN DAN PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA WILAYAH KABUPATEN BANDUNG. TLUTUH SAWO: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Humaniora, 6(3), 55–62.
Malik, A., Aliah, H., Susanti, S., Ubaidillah, M., & Sururie, R. W. (2020). Science Laboratory Activities: A Profile of the Implementation and Constraints of Junior High School Natural Science Teachers. Scientiae Educatia, 9(1), 96. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i1.6517
Marcella, Z., Susanti, N., & Dani, R. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum Ipa Terpadu Di SMPN 17 dan SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 41–48.
Meita, N. M. (2018). Standardisasi Laboratorium IPA SMPN 3 Sumenep. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.3.227-234
Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2020). Analisis Kemampuan Regulasi Kognisi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Empiricism Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/ej.v1i2.333
Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/ej.v2i2.594
Muhali, M., Prahani, B. K., Mubarok, H., Kurnia, N., & Asy’ari, M. (2021). The Impact of Guided-Discovery-Learning Model on Students’ Conceptual Understanding and Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.36312/esaintika.v5i3.581
Mukti, B. I., & Arikunto, S. (2020). Laboratory Management of Science in Improving Student Achievements in SMA Lubuklinggau. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 397(ICLIQE 2019), 138–144. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.018
Munarti, M., & Sutjihati, S. (2018). Standar Sarana Prasarana Laboratorium Ipa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Bogor. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 56–62. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i1.743
Musdalifa, & Faridah. (2021). Pengelolaan Laboratorium Di Smp Negeri 7 Enrekang. Pengelolaan Laboratorium Kimia, 02(01), 105–117.
Nadillah, S., Nuraeni, S., & Oktorida, R. (2022). Pentingnya Memahami Bahaya Bahan Kimia Serta Hubungannya Dengan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium. Jurnal Analis Laboratorium Medik, 7(1), 15–22. https://doi.org/10.51544/jalm.v7i1.2430
Nahdiyaturrahmah, Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118–129.
Najemah. (2020). Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i1.924
Nugroho, P. S., Khasanah, S. R. U., Jannah, A. M., Yolanda, V., Suhendra, H., & Rahmad, M. (2022). Intensitas Pemanfaatan Laboratorium IPA Fisika di SMP Pasca Pandemi Covid-1. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3248–3254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2387
Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.832
Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan Laboratorium IPA 65. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 65–76.
Putra, I., Syakdanur, & Makhdalena. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN MANAJEMEN LABORATORIUM DAN SIKAP INOVATIF DENGAN EFEKTIVITAS GURU MENGELOLA LABORATORIUM IPA SMP/MTs DI KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(1), 47–54.
Putri, M. L., Mahrus, M., Merta, W., & Rasmi, D. A. C. (2022). Hubungan antara Pemanfaatan Laboratorium dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 0–4.
Rafiqah, R., Ikbal, M. S., & Budiarti, A. (2022). Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 247–255.
RAJAGUKGUK, J. (2022). Analisis Standardisasi Laboratorium Fisika Sma Di Kecamatan Medan Polonia.
Rosidin, U., Maulina, D., & Suane, W. (2020). Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Dan Penggunaan Alat Peraga IPA Bagi Guru-Guru IPA Di SMP/MTS Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34075
Sabri, M., Muhali, M., Hulyadi, H., & Asy’ari, M. (2022). Validitas Bahan Ajar Hidrokarbon Berbasis Model Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Authentic Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/jar.v1i1.635
Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. (2018). Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di SMA Wilayah Sumedang. JTK (Jurnal Tadris Kimiya 3), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2593
Satrio, M. A., & Sabani. (2018). ANALISIS SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(4), 6–10.
Silvia, S., & Aryanti, F. I. (2022). Analisis Penerapan Manajemen Laboratorium Prodi Teknik Kimia Polimer Politeknik STMI Jakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 20(2), 103–108. https://doi.org/10.52330/jtm.v20i2.55
Suhali, S., Denny, Y. R., & Guntara, Y. (2022). Profil Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas Negeri ( SMAN ) Se-Kabupaten Lebak. Seminar Nasional Pendidikan Fisika (SENDIKFI) UNTIRTA, 4(1), 10–19.
Suseno, N., Riswanto, R., Salim, M. B., Hidayatullah, D., & Rasagama, I. G. (2022). How to Manage an Effective Laboratory for Science Learning in Schools? Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 191–200. https://doi.org/10.21009/1.07211
Susilo, & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 07(1), 127–137.
Trasmini, S. W., Sunarto, D., & Ariyanti, N. A. (2021). Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi. Syntax Idea, 3(12), 2768–2773.
Trisianawati, E., ita, & Fitria, K. (2020). Analisis Kelengkapan Alat Dan Bahan Laboratorium Ipa Sekolah Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 66–72.
Verawati, N. N. S. P., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and Its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.729
Wahidah, A. I., Mardiana, A., Iriani, S. A., Safitri, A., Nihaya, A. F., & Nafiah, M. (2021). The Effectiveness of Using the Laboratory in Learning Science. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 8(2), 418–440. https://doi.org/10.33650/pjp.v8i2.2248
Wicaksana, A. S. (2022). Analisa Komponen Keamanan dan Keselamatan Kerja Pada Lingkungan Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. June, 1–4.
Yolanda, R., Azhar, & Marzuki. (2019). Manajemen Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam MANAJEMEN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (Tinjauan Khusus Fungsis Manajemen di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Pekanbaru ) Resti. Manajeman Pendidikan Penelitian Kualitatif, 3(1), 46–53.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.6901
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Annisa Arrahma, Nurul Afiqah, Erlinawati, Gusti Randa, Roza Linda, M. Rahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.