Interactive Multimedia Inquiry Based on Local Wisdom: Alternative Media to Improve Students' Environmental Care Attitude
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, Y., Purwoko, A. A., Jamaluddin, J., Makhrus, M., & Harjono, A. (2020). Identifikasi pemahaman guru tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP dengan pendekatan etnosain. Jurnal Pepadu, 1(2), 229-234.
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International journal of instructional technology and distance learning, 12(1), 29-42.
Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125-132.
Chin, K. Y., Lee, K. F., & Chen, Y. L. (2015). Impact on student motivation by using a QR-based U-learning material production system to create authentic learning experiences. IEEE Transactions on Learning Technologies, 8(4), 367-382.
Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1).
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Horton, A. A., Walton, A., Spurgeon, D. J., Lahive, E., & Svendsen, C. (2017). Microplastics in freshwater and terrestrial environments: evaluating the current understanding to identify the knowledge gaps and future research priorities. Science of the total environment, 586, 127-141.
Hwang, W. Y., Shadiev, R., Hsu, J. L., Huang, Y. M., Hsu, G. L., & Lin, Y. C. (2016). Effects of storytelling to facilitate EFL speaking using Web-based multimedia system. Computer Assisted Language Learning, 29(2), 215-241.
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Stem virtual lab: An alternative practical media to enhance student’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 239-246.
Kauchak, D., & Eggen, P. (2012). Learning and Teaching.
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis sikap peduli lingkungan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259-266.
Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29-41.
Rahman, R., Sididi, M., & Yusriani, Y. (2020). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kampung Nelayan Untia. Jurnal Surya Muda, 2(2), 119-131.
Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9.
Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. (2021). Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Cakrawala Pendidikan, 40(3).
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Rani, H. A. D. & Nuryanti (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi Berbasis Ecohistory untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 63-70.
Riskina, M. D. & Listyaningsih (2019). Studi Deskriptif Tentang Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Adiwiyata di SMAN 2 Pamekasan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(1).
Rumengan, Y., & Talakua, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 33-40.
Shidiq, A. S. (2016). Pembelajaran sains kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. In Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (SNKPK) VIII (pp. 227-236). Surakarta: UNS.
Sidiq, M. A. H. (2020). Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Mengadakan Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Sampah di Dusun Timur Sawah Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Lumajang. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-58.
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508-1516.
Stevanus, K. (2019). Pelestarian alam sebagai perwujudan mandat pembangunan: suatu kajian etis-teologis. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 5(2), 94-108.
Susanti, S., Masriani, M., & Hadi, L. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).
Wardani, K. S. K. (2021). Ethnosains dalam pembelajaran berbasis content local genius (Gamelan Bali). Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 1(1), 1187-1194.
Wartono, D. H., & Nilasari, J. R. B. (2019). Real-virtual monte carlo simulation on impulse-momentum and collisions. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 13(1), 7-14.
Zsóka, Á., Szerényi, Z. M., Széchy, A., & Kocsis, T. (2013). Greening due to environmental education? Environmental knowledge, attitudes, consumer behavior and everyday pro-environmental activities of Hungarian high school and university students. Journal of cleaner production, 48, 126-138.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i4.6109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agus Ramdani, A. Wahab Jufri, Jamaluddin Jamaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.