Development of MolBEST (STEM-Based Mobile Learning) on Elasticity Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.
Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Marlina, Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 06(02), 416–436.
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. BioEdu, 10(2), 635–646.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.
Atika, Kosim, Sutrio, & Ayuh, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17.
Budyastomo, A. W. (2020). Gim edukasional untuk pengenalan tata surya. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(2), 55–66.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.
Febriyanti, D. F., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Menggunakan Software Ispring Suite 9 pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(4), 6620–6629.
Harahap, R., Ahmad, N. Q., & Fiteri, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) berbasis Project Based Learning (PjBL). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3479–3488.
Ngurahrai, A. H., Farmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2019). Media Pembelajaran Materi Momentum dan Impuls Berbasis Mobile learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 62–70.
Nurcahyo, M. A., & Setyowati, D. (2020). Mobile Learning BERMUATAN Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 185–194.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 36 Tahun. 2018. Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Pramadanti, M., & Harijanto, A. (2021). Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Smartphone Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 318–326.
Putri, R. M., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Metaanalisis Efek Pendekatan STEM pada Literasi Sains dan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Setiap Satuan Pendidikan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 86–98.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433–440.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Robbi, H. M. F., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Mobile Learning berbasis Flip Pdf Pro Maker (myflip) (A useful mobile base learning media in the Covid-19 era). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 517–525.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.
Sari, N. I., Sulur, & Pramono, N. A. (2019). Pengembangan M-Learning Physics for Fun Berbasis Android pada Materi Listrik Statis untuk Siswa SMA/MA. JRPF: Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1), 13–17.
Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6(1), 1–15.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87.
Tegeh, I Made, Jampel, I Nyoman dan Pudjawan, Ketut. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Widiastuti, T. (2021). Pengembangan Media Edukasi Fisika Mobile Learning Berbasis Android Untuk Siswa SMA/MA/SMK. Prosiding Seminar Nasional Fisika 7.0, 0, 59–67.
Yuberti, Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90–95.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Niluh Dewanty Anindya Warsa, Abd. Kholiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.