Relationship of Students’ Activities, Responses, and Cognitive Learning Outcomes on Natural Science Learning-Based Ethno-STEM in Secondary School
Abstract
Keywords
References
Aninda, A., Permanasari, A., Ardianto, D., & Kab Bogor, C. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi stem siswa sma. Journal of science education and practice, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.33751/JSEP.V3I2.1719
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon siswa terhadap media pembelajaran alat pirolisis sampah plastik berbasis lingkungan di smp kabupaten musi rawas. THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/THABIEA.V2I2.5950
Eka Priyani, N., Nawawi, dan, Negeri, S., Sintang, K., & Kalimantan Barat, P. (2020). Pembelajaran ipa berbasis ethno-stem berbantu mikroskop digital untuk meningkatkan keterampilan proses sains di sekolah perbatasan. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/WASIS.V1I2.5435
Faradisya Ekapti, R. (2016). Respon siswa dan guru dalam pembelajaran ipa terpadu konsep tekanan melalui problem based learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed). McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.
Harahap, N., Antara Motivasi, H., & STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, D. (2014). Hubungan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division pada konsep ekosistem. Visipena, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.46244/VISIPENA.V5I1.221
Hari, M., Program, Y., Pendidikan, S., Stkip, M., & Lhokseumawe, B. P. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAPPS Berbasis Pendekatan (STEM). Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 1(2), 117–125. https://doi.org/10.31539/JUDIKA.V1I2.373
Herak, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi melalui Pengaruh Model STEM. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 127–134. https://doi.org/10.30605/JSGP.4.1.2021.516
Hermawan, M. A., Marwoto, P., Mindyarto, B., Negeri Semarang, U., & Kelud Raya Sampangan, J. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142. https://doi.org/10.26877/JP2F.V12I2.8067
Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) pada siswa kelas iv sd. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26618/JKPD.V6I1.4166
Muchtadi, M., Hartono, H., & Oktaviana, D. (2017). Hubungan Aktivitas dan Respon terhadap Hasil Belajar Program Linier Setelah Diterapkan Pembelajaran Genius Learning pada Program Studi Pendidikan Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.23971/EDS.V5I1.668
Mudjiono, D. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Revisi). PT Rineka Cipta.
Mulyasa, E. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Muthmainnah, M., Johar, R., & Anwar, A. (2019). Kemampuan Siswa SMP Membat Denah melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Pada Materi Perbandingan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(1).
Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Rahmalia, R. (2021). Hubungan antara respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua di rumah dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangalengan.
Rakhma Pradani, D., Jurusan Fisika, W., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2018). Analisis Aktivitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Kurikulum 2013 di SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 57–66. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V7I1.22476
Raudhatul Fadhilah, F., Ahmad Yani No, J., (2018). HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 5 PONTIANAK. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1). https://doi.org/10.29406/ARZ.V6I1.939
Reffiane, F., Sudarmin, Wiyanto, & Saptono, S. (2021). The instrument analysis of students’ problem-solving ability on hybrid learning model using ETNO-STEM Approach through Quest Program in COVID-19 Pandemic. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(4), 1–8. https://doi.org/10.47750/PEGEGOG.11.04.01
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED, 2(1), 246–311.
Sartika, S. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPABerorientasi Model Pembelajaranyang Mengajarkan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP.
Sartika, S. B., Efendi, N., & Rocmah, L. I. (2020). Keterampilan Berpikir Analisis Calon Guru IPA melalui Model 4A (Analisis Fenomena, Analisis Informasi, Analisis Data, Analisis Temuan). JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 8(2), 165–170. https://doi.org/10.26714/JPS.8.2.2020.165-170
Slameto. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Revisi). PT Rineka Cipta.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan kurikulum di indonesia menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27–50. https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V18I1.1614
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/JPII.V9I1.21754
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di smk negeri 1 saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/ELINVO.V1I2.10621
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i1.4655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Septi Budi Sartika, Nur Efendi, Fitria Eka Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.