The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Model with Edmodo Assisted to Facilitate Critical Thinking Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriani, D., Kemala, P., Lubis, D., Andi, M., & Triono, A. (2019). Pengembangan modul mata kuliah metodologi penelitian pendidikan berbasis high order thinking skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 27–36. https://doi.org/10.17977/UM014v12i12019p027
Akhfar, M., & Saputra, I. G. P. E. (2020). Efektivitas strategi elaborasi PQ4R terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP negeri 7 Sinjai. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(2).
Apriliyana, Fitrihidayati, & Raharjo. (2012). “Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi pencemaran lingkungan dalam upaya melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA”. BioEdu. Vol.1 No.3, pp. 39-43
Arends, R. (2007). Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Balram, R. (2017). Pengaruh metode praktikum disertai feedback terhadap hasil belajar dan respon siswa kelas X pada materi larutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20305
Basori, B. (2013). Pemanfaatan social learning network ”Edmodo” dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2), 99–105. https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562
Bilgin, I. (2009). “The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction”. Scientific Research and Essay. Vol.4 (10), pp. 1038-1046.
Bukhori, A.F. 2012. “Pembelajaran berbasis inkuiri untuk optimalisasi pemahaman konsep fisika pada siswa di SMA negeri 4 Magelang, Jawa Tengah”. Journal Berkala Fisika Indonesia. Vol. 4 No. 2. pp. 11-21.
BSNP. (2006). Panduan penyusunan KTSP. Jakarta: Depdiknas.
Dick, W., & Carrey, L. (2009). The systematic design of instruction. Florida: Harper Collins Publishers.
Djidu, H., & Jailani. (2016). Fostering student’s higher-order thinking skill through problem-based learning in calculus. Proceeding of 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, 127–130.
Djidu, H., & Jailani, J. (2017). Model pembelajaran kalkulus SMA berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Parama Publishing.
Djidu, H., & Retnawati, H. (2018). Cultural values-integrated mathematical learning model to develop HOTS and character values. In E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki, Kasiyan, A. C. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century Global Citizens (pp. 363–370). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315104188-46
Ekayati, R. (2017). Optimalisasi aplikasi edmodo dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kesadaran berbahasa mahasiswa pada mata kuliah literary criticism di FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 148–165. https://doi.org/10.30596/EDUTECH.V3I1.992
Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida Journal, 2(2), 218. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1409
Ennis, R.H. (1985). Goals for a critical thinking curriculum. In A. Costa (Ed). Developing Mind: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria V A: Association for Supervision and Curriculum Development.
Ennis, R.H. (1996). Critical thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.
Fuad, N.M. (2013). Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis inkuiri pada sistem eksresi manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Gay, E., & Sofyan, N. (2017). The effectiveness of using edmodo in enhancing studentsâ outcomes in advance writing course of the fifth semester at FIP - UMMU. Journal of English Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31327/jee.v2i1.217
Hake, R.R. (1999). American educational research association’s division d, measurement and research methodology: analyzing change/gain scores. USA: Woodland Hills.
Halil, N. I. (2020). The effectiveness of using edmodo as an online learning platform in Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(3), 284–298. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V4I3.316
Handhika, J. (2009). Pembelajaran fisika melalui inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari aktivitas dan perhatian mahasiswa. JP2F. Vol 1 No.1 Tahun 2009. pp 9-20.
Hassoubah, Z.I. (2004). Developing creative and critical thinking skills, cara berpikir kreatif dan kritis. Bandung: Nuansa.
Hidayati, D. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi [Universitas Negeri Malang]. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/70305.html
HL, N. I., Saputra, I. G. P. E., Sejati, A. E., & Syarifuddin, S. (2020). Developing teaching material bajo’s local wisdom sea preservation Thomson-Brooks/Cole model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 355. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.23234
Hunaidah, M., Sukariasih, L., & Saputra, I. G. P. E. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep ipa peserta didik kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).
Jahring, Nasruddin, & Farida I (2020) The effectiveness of mind mapping learning models based on contextual learning on mathematical problem solving abiliy. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable, 1, pp. 64-68. Doi: 10.31327/icusn-adri.v1i0.1177
Jailani, J., Sugiman, S., Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain pembelajaran matematika: untuk melatihkan higher order thinking skills (H. Retnawati (ed.)). UNY Press.
Jailani, Jailani, Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical literacy proficiency development based on content, context, and process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80
Kardi, S. (2002). Mengembangkan tes hasil belajar. Surabaya. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Surabaya.
Kemdikbud (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015, mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan literasi matematis siswa : Sebuah studi literatur. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24–30.
Meador (2010). Introduction to inquiry physics a modified learning cycle curriculum. Bartlesville high school. http://inquiryphysics.org.
Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and assessment in teaching. In Library of Congress Catalogging in Publication Data. Pearson Education, Inc.
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169
Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST). UNM Makassar. 3(2), 113-121. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3557.
National Research Council. (2011). Inkuiri dan standar-standar pendidikan sains nasional sebuah panduan untuk pengajaran dan pembelajaran. Washington DC: National Academy Press.
Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2015). Pengaruh model quantum teaching dengan metode praktikum terhadap kemampuan multipresentasi siswa pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Plus Darul Hikmah. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 116–120. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/1873/1540
Nu’man, A. Z. (2014). Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). In DutaCom Journal (Vol. 7, Issue 1).
Nur, M. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa PSMS.
Nur, M. dan Wikandari, P.R. (2000). Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivistik dalam pengajaran. Surabaya: Unesa.
Nurul H., D., Amaluddin, L. O., & Surdin, S. (2017). The effect guided inquiry to critical thinking ability to build student character in geography subject. 1st International Conference on Geography and Education (ICGE 2016), 367–371. https://doi.org/10.2991/icge-16.2017.71
Pavelich, M.J., & Abraham, M.R. (1979). An inquiry format laboratory program for general chemistry. Journal of chemichal education.Vol 56. pp 100 – 103.
Rahmawati (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada siswa SMP. (Tesis Magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Retnawati, H., Hadi, S., Munadi, S., Hadiana, D., Muhardis, M., Apino, E., Djidu, H., Rafi, I., Yusron, E., & Rosyada, M. N. (2019). When national examination no longer determining graduation, will students accomplish it seriously? Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 40–49. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i2.34
Saputra, I. G. P. E. (2020). Penguasaan konsep fisika siswa menggunakan pendekatan konflik kognitif pada materi gerak lurus di SMK Negeri 2 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(3).
Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3), 16–21.
Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of science learning device oriented guided inquiry with virtual laboratory to train science process skills of junior high school students in Kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102
Sembiring, Y. A., & Zagoto, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dengan bantuan praktikum terhadap hasil belajar fisika. In Jurnal EduMatSains (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.33541/EDUMATSAINS.V1I2.242
Slavin, R.E,. (1997). Educatianal psycology: Theory and Practise. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Sukariasih, L., Sahara, L., Reskiawan, B., & Nursalam, L. O. (2019). Improving the Skill of Physics Science Process through Guide Discovery Method in Students at Senior High School.
Sukariasih, L., Saputra, I. G. P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). Improving the learning outcomes of knowledge and inquiry skill domain on third grade students of smp negeri 14 kendari through the guided inquiry learning model assisted by science KIT. Geosfera Indonesia, 4(2), 175. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097
Suparmi, M. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berorientasi inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama siswa SMA. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Suryani, N.D. (2009). Pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika untuk materi pokok kalor melalui model pembelajaran penemuan (guided descovery) di kelas X-3 SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Pendidikan Delta Widya. Jilid 2 No 2 Tahun 2009.
Umrotun. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep optik melalui tehnik inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas VIII semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 3 No. 1 2012. pp.74-82.
Vajoczki, S., Watt, S., Vine, M.M., & Liao. (2011). Inquiry of learning: Level, dicipline, class size, what matter?. International journal for the scholarship of teaching and learning. Vol 5 No.1. pp 1-11.
VMSC, V.M. (2010). Scientific Inquiry and the nature of science task force report. Virginia, USA: VMSC.
Wasis dan Irianto (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.
Wityafrianti. (2013). Peningkatan kemampuan berwudhu dengan menggunakan metode praktik murid kelas II di sekolah dasar negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/5577/1/2013_2013557PAI.pdf
Wulandari, A.D., Kurnia, & Sunarya, Y. (2013). Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi laju reaksi. Jurnal riset dan praktik pendidikan kimia. Universitas Pendidikan
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284
Yustika, A., Supardi, & Ali, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Palembang. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, Issue 1). http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/727
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Andri Estining Sejati, Syarifuddin Syarifuddin, Nasruddin Nasruddin, Nisa Miftachurohmah, La Ode Nursalam, Eko Hariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.