Difficulties of Biology Teachers in Planning and Implementing Authentic Assessments in the 2013 Curriculum: Descriptive Studies on Biology Teachers in Senior High Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik- Integratif berbasis Sosiokultural bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 121–132.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Divanda, A. D., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gemolong). BASASTRA: Jurnal bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 6(2), 1–9.
Esi, E., Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan Guru sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–14.
Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15–26.
Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): Implementasi asesmen autentik di SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131–141.
Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Asesmen Autentik dan Pendidikan Bermakna: Implementasi Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1). 499–511.
Ningrum, N. A., & Hasairin, A. (2017). Analisis Kesulitan Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Binjai. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 20–27.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49–54.
Sari, E. N., Rosyidatun, E. S., & Juanengsih, N. (2015). Profil Penilaian Otentik pada Konsep Biologi di SMA Negerikota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 1-26.
Subagia, I. W. (2016). Perubahan Paradigma Penilaian Hasil Belajar sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Sains. 8, 1–9.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–55.
Suparto, S., & Liara, H. R. (2021). Peran Guru PAI sebagai Motivator Dalam Membentuk Perilaku Islami Peserta Didik di SDN Mawomba Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–58.
Zulkarnen, W., Setyowati, A. J., & Mahanal, S. (2014). Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran. Managemen Pendidikan, 24(3), 213–220.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dwi Alviana Sholiha, Agus Ramdani, I Wayan Merta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.