Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, S. (2016). Implementasi Model Belajar Spot Capturing Dalam Meningkatkan Sikap Ekspresif Siswa Kelas Ii Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Pembelajaran PAI Di SD 4 Adiwarno Hadiwarno Mejobo Kudus. Kudus: Stain Kudus.
Arief, M. K. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains . Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 166-176.
Ariesta, F. E. (2017). Development Of Spot Capturing Problem Based Models For Growing Elementary School Students’ Character. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1-8.
Astuti, S. N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Perpindahan Kalor Di Sman 1 Campurdarat . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Jipf) , 38-42.
Baharuddin. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Eksresi Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa (Jipi), 81-97.
Burhan, B. (2011). In Penelitian Kualitatif (P. 79). Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Depdiknas. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTS Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.
Fauzi, M. (2014). Implementasi Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kalor Dan Perpindahanya. Jurnal Pendidikan Sains, 45-60.
Fiteriani, I. (2018). Konsepsi Penerapan Keterampilan Proses Sains (Kps) Dan Sikap Ilmiah Dalam Desain Pengembangan Modul Panduan Eksperimen Ipa Sd/Mi . Madrasah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar , 24-39.
Hake. (1998, February 1). Http://Www.Physics.Indiana.Edu. Retrieved From Hysics.Indiana: Http://Www.Physics.Indiana.Edu
Hake, R. (1998). Interactive Engangment Methods Introductory Mechanic Course. . Journal Of Physics Education Research, Vol 66.
Hardiyanti, P. C. (2017). Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa . Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1862-1671.
Ibrahim, M. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.
Khairani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Viii Smp . Pillar Of Physics Education, 153-160 .
Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division . Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 15-22.
Mafudi, I. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Praktikum Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Quantum #25 (Pp. 223-227). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan (Uad).
Mudjiono, D. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, I. K. (2017). Analisis Pemanfaatan E-Learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 1-8.
Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains Dan Matematika Sekolah (Psms).
Prajoko, S. (2016). The Effect Of Local Materials Usage For Science Practicum On Students’ Science Process Skills. Education Research International, 1-10.
Rinanti, H. R. (2016). Proses Pembelajaran Model Pair Checks Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Unnes Physics Education Journal , 54-59.
Said, N. J. (2017). Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains San Pendidikan Fisika (Jspf), 255-262.
Septaria, K. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Spot Capturing Untuk Menguatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Global Warming Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Babat. Jurnal Pendidikan Sains, 50-62.
Sjahrir, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning Berbasis Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Jipf) , 92-96.
Sodiq, M. (2013). Pemanasan Global. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2015). In Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method) (P. 110). Bandung: Alfabeta.
Tawil, M. (2014). Keterampilan - Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Ipa. Makasar: Badan Penerbit Unm.
Trilling, B. (2009). 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. San Francisco, California: Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Ulmiah, N. (2015). Studi Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Sma Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1-8.
Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge, Massachusetts: Harvard University.
Widiasmadi, N. (2010). In Spot Capturing (P. 147). Yogyakarta: Indonesia Tera.
Wildan. (2019). Sosialisasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Guru Ipa Smp/Mts Di Lombok Barat Dalam Upaya Mengurangi Laju Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat , 109-113.
Yaumi. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Kelas Vii . E-Journal Pensa, 38 - 45 .
Zubaidah, S. (2016). Keterampilanabad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran Mipa Abad 21" (Pp. 1-17). Sintang: Program Studi Pendidikan Biologi Stkip Persada Khatulistiwa Sintang - Kalimantan Barat.
Zuhrowati, M. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Ipa Pada Materi Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyan Metro, 144-158.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Kiki Septaria, Binar Ayu Dewanti, Muhammad Habibbulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.