Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Nurul Qamariah, Syifaul Gummah, Dwi Sabda Budi Prasetyo

Abstract


This study aims to improve students' creative thinking skills through scramble learning models in physics science learning on the subject of heat at SMPN 4 Praya Barat Daya 2015/2016 Academic Year. The type of research used is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, carrying out observation and reflection. Data on creative thinking skills were obtained from the results of evaluating students' creative thinking skills using essay questions given to class VII students whose students were 35 students. The results of the study address an increase in creative thinking skills of class VII students of SMPN 4 Praya Barat Daya after learning using the scramble learning model. In the first cycle, the results of students' creative thinking ability were 57%, while the second cycle increased to 79% with creative criteria. Thus it can be concluded that the scramble learning model can improve students' creative thinking ability.

Keywords


Scramble Learning Model, Creative Thinking Ability

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Menejemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asih, R. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Scrambel Berbasis Power point Pada Peserta didik Kelas VA SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Bahtiar., Musanni., & Hapipah, L. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 50-55.

Fadmawati. (2009). Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Filsaime, D. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Iryanti, I. L. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan. 1(1), 1-8.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual kosep dan aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama

Prayogi, S & Asy’ari, M. (2013). Implementasi model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80-88.

Rakhamawati, T., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, W. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pasa Siswa SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi. 1(1), 72-75.

Sagitasari, D. A. (2010). Hubungan Antara Kreativitas dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora. 5(2), 206-218.

Sugiharti, P. 2011. Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 10(16), 46-54

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Widiarti, 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng.

Widiyanti, L. P. H., Agustini, K., & Divayana, D. G. H. (2016). Studi komparatif pembelajaran kooperatif tipe scramble dan tipe picture and picture terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. 5(2), 1-10.

Widoyoko, Eko P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, I.T.G., & Wahyudi. (2015). Penerapan metode sramble untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Ngoyog 1, pp. 421-426 [online] diakses dari: http://ris.uksw.edu/download/makalah/kode/M02282

Wosparik, H., J. (2005). Dari Atomos Hingga Quark. Jakarta: Kutubuku.com

Yudanto, M. A. F., Sarwi., & Mosik. (2013). Penerapan model active learning melalui eksperimen inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP kelas viii. Unnes Physics Education Journal. 2(3), 24-30.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i1.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Nurul Qamariah, Syifaul Gummah, Dwi Sabda Budi Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats