EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN CONTEXT-RICH PROBLEMS PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, P, AI. 2013. Proses Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hukum Dasar Kimia pada Siswa Kelas X.2 MA Annajah Sesela Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Kimia FMIPA IKIP Mataram.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hildawati, Y. 2013. Pengembangan Modul problem Solving dengan Context- Rich Problems Pada Materi Pokok Termokimia. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Pendidikan kimia IKIP Mataram.
Hutapea, H dan Siagian, H. 2012. “Efek Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Lurus di Kelas XI SMA Swasta Josua 1 Medan” Jurusan Pendidikan Fisika-Pascasarjana Universitas Medan
Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama (MMU)
Khery, Y. 2010. Context-Rich Problems dan Pengantar Bilingual untuk Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Larutan. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 3. FMIPA Universitas Negeri Malang.
Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Maryani, Rita, dkk. 2005. Efektifitas Penggunaan Active Learning dalam Menggembangkan Critical Thinking Pada Anak Usia Dini. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Novianti, Dian, SI, dan DS. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Secara Kooperatif untuk Memaksimalkan Proses Pembelajaran Termodinamika. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 3. FMIPA Universitas Negeri Malang.
Putra, SR. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta : DIVA press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 1999. Statistik untuk Penilaian. Bandung: CV. Albert.
Yunisfu, 2013. Pembelajaran Kimia Unsur Menggunakan Konteks Keunggulan Lokal Tambang Timah Di Pulau Bangka Dan Pengaruhnya Pada Literasi Sains Siswa SMA kelas XII. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1051
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Khaeruman Khaeruman, Siti Nurhidayati Nurhidayati, Sari Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.