The Effectiveness of An Internet of Things (IoT)-based Virtual Science Laboratory on Nervous System Material in Science Course
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abekiri, N., Rachdy, A., Ajaamoum, M., Nassiri, B., Elmahni, L., & Oubail, Y. (2023). Platform for hands-on remote labs based on the ESP32 and NOD-red. Scientific African, 19. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2022.e01502
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110
Alatas, F., & Fachrunisa, Z. (2019). An Effective Of Pogil With Virtual Laboratory In Improving Science Process Skills And Attitudes: Simple Harmonic Motion Concept. Edusains, 10(2), 327–334. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.10239
Alhazmi, A. K., Kaed, E., Al-Hammadi, F., Alsakkaf, N., & Al-Hammadi, Y. (2023). The Internet of Things as a Tool Towards Smart Education: A Systematic Review. Lecture Notes in Networks and Systems, 561 LNNS. https://doi.org/10.1007/978-3-031-18344-7_45
Athailah, Khaldun, I., & Mursal. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Laboratorium Virtual Pada Materi Listrik Dinamis Di Sma Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 114–119.
Aurelia, G. (2021). Pembelajaran hybrid pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 1–6.
Bahtiar, & Azmar. (2022). The Effect of Using a Virtual Laboratory on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Physics Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1).
Benesha, J., Lee, J., James, D. A., & White, B. (2020). Are You for Real? Engineering a Virtual Lab for the Sports Sciences Using Wearables and IoT. 110. https://doi.org/10.3390/proceedings2020049110
Bortnik, B., Stozhko, N., Pervukhina, I., Tchernysheva, A., & Belysheva, G. (2017). Effect of virtual analytical chemistry laboratory on enhancing student research skills and practices. Research in Learning Technology, 25. https://doi.org/10.25304/rlt.v25.1968
Cîmpanu, C., Lupu, R. G., & Ungureanu, F. (2019). Laboratory of things: Virtual laboratory for signal processing experiments. ELearning and Software for Education Conference, 242–248. https://doi.org/10.12753/2066-026X-19-033
Fazilla, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi (smartphone) terhadap kemampuan analisis mahasiswa dalam konsep dasar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6(1), 12–18. http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/501
Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2019). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Invertebrata. BIOSPER.
Gaol, R. L. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Listrik Dinamis Melalui Implementasi Virtual Laboratorium Berbasis Komputer Di Smp Negeri 9 Tebing Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3289
Hadi, S., & Hermansyah, H. (2021). pelatihan penggunaan aplikasi chemlab sebagai alternatif
praktikum untuk meningkatkanketerampilan proses sains siswa SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.663
Handayani, D., & Alfina, V. D. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Pgri Provinsi Sumatera Selatan Dan Universitas Pgri Palembang, November, 233–238.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ilyas, I., Liu, A. N. A. M., & Sara, K. (2022). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Zoom Meeting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2235–2240. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2073
Indarwati, D., Musyadad, F., & Utami, W. M. (2021). Urgensi media pembelajaran audio visual pada hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar. Dikdastika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SDan, 7(1), 23–30.
Leisenberg, M., & Stepponat, M. (2019). Internet of things remote labs: Experiences with data analysis experiments for students education. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, April-2019. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2019.8725070
Musi, M. A., Bachtiar, M. Y., & Herlina. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sains Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 4, 165–173. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/74%0Ahttps://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/download/74/38
Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Pongoh, D., & Budiman, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis IoT ( Internet Of Thing ) di Laboratorium Konversi Energi , Distribusi dan Proteksi. 1(1).
Prabandari, F., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh Persepsi E-Learning Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Dalam Masa Pandemik Di Stikes Muhammadiyah Gombong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 16(1), 44. https://doi.org/10.26753/jikk.v16i1.401
Prihatmoko, D. (2016). Penerapan Internet Of Things ( IoT ) Dalam Pembelajaran Di Unisnu Jepara. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 567. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.769
Raini, Y. (2020). Pengaruh Media Laboratorium Virtual ( PhET ) Terhadap Kemampuan Pratikum Kimia Siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. Jurnal Teknonologi Pendidikan, 5(2).
Raksa, M. (2020). Implementasi Workshop Pengembangan Keprofesionalismean Berkelanjutan Pendidikan Abad 21 untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24355
Ramadiani, S., Silvianti, N., Putra, R. P., & Agustina, R. D. (2022). Uji Perbandingan Kegiatan Laboratorium berbasis IoT dengan Virtual Laboratory pada Materi Periode Bandul dengan HOTLAB. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41485
Rusliati, E., & Retnowati, R. (2019). Inkuiri Terbimbing Pada Laboratorium Virtual Dan Riil Untuk Membangun Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains. Journal Of Science Education And Practice, 3(2), 46–55. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1857
Sarah, R. T. P. (2018). Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Investigasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik the Effect of Applying Virtual Laboratory Towards Students ’. 184–192.
Suarja, Z. A., & Aswadi, C. (2016). Penggunaan Laboratorium Virtual Biologi Sebagai Sarana Praktikum Yang Efektif dan Efisien Untuk Mencapai Pengalaman Belajar yang Menyenangkan. Jurnal Bio-Natural, 3(2), 80–89.
Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Susdarwati, D., Agnafia, N., & Dimas, A. (2021). Workshop Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Community Engagement ( IJCE ), 2(2), 47–52.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/530
Syam, Y. R., & Kurniasih, S. (2023). Kebutuhan Terhadap Laboratorium Virtual Berbasis Masalah pada Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 166–172. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.57970
Trisnawati, D., & Yetri, Y. (2019). Efektivitas Model NHT Berbantu Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4329
Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education, 1(1), 50229.
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v11i1.7938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.