Inovasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Learning Loss pada Masa Transisi Pandemi Covid-19

Rizkia Amalia, Siti Nurbayani, Elly Malihah

Abstract


This study aims to describe character education innovations in overcoming learning loss during the transition period of the Covid-19 pandemic. This research used a case study method with a qualitative approach. The selection of this informant used a purposive sampling technique. Direct observation, structured interviews, and documentation were used to collect data. Data analysis techniques were used in the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. According to the findings of this study, innovations in overcoming Learning Loss included (1) home visits which aim to learn more about the obstacles students face and to establish cooperation with parents, (2) emergency face-to-face learning to assist students who were unable to do online learning and (3) Assignments in groups that aimed to arouse the spirit of motivation in learning and raise the value of student responsibility.


Keywords


Innovation; Character Education; Learing Loss.

References


Afghani dan Ssutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education. Vol.3, No.2, Juni 2020 https://jurnal.uns.ac.id/joive/article/view/43057

Ajizah. (2021). PERAN HOME VISIT UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NORMAL ISLAM RAKHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 6, No. 1, 2021 https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/742

Cerelina. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. SEMINAR NASIONAL STATISTIKA X. ISSN Cetak : 2087-2590

Dhiiba, dkk. (2021). Problema yang dihadapi guru pada saat melakukan proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDNN 1 Panembahan. Prosiding dan webinar seminar

Ernawati, (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 2 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3401

Faturrohman Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Fitri, Agus Zaenal. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hadi, B. (2021). A Learninng Loss Pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/262

Hartati. N. S dkk. (2020). Manajemen program penguatn pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid-19 New Nnormal. E-ISSN: 2549-6476. Vol. 6, No. 2. Desember 2020

Haris, A dkk. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol8, No 1. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2756

Iriansyah. (2021). Membangun Kratifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

Kristiana, dkk. (2021). Pengenalasan dan identifikasi learning loss siswa di masa pndemi bagi guru dan orang tua. Modul. ISBN 978-623-6742-22-8

Kurniawan, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER: konsep dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Massie, A dan Kristina R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. E-ISSN 2549-967X. Vol XXXVII, No 2.

Mauldya,M dkk. (2021). analisis situasi pembelajaran selama pandemi covid-19 di sdn senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. Journal of Elementary Education. Vol,04. No 03 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/7140

Mawardi, A dkk. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter di Era Milenium Melalui Strategi The Nine Golden Habits di SMP Unismuh Makassar. Jurnal agama dan pendidikan islam. Vol.12, No.2 http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/5558

Malaihallo, dkk. (2021). Penyelenggaraan Kompetisi Online dalam Meningkatkan Kreativitas P eserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lepa-lepa Open. Volume 1 Nomor 2, 2021 https://ojs.unm.ac.id

Makmun. (2021). Kombinasi Pembelajaran Media Daring dengan Strategi Home Visit pada Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar . jurnal ilmiah telaah. Vol.6, No. https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/3351

Nisa, S dan Akhmas, H. (2020). Implementasi pembelajaran tatp muka di masa pandemi covid-19. Jurnal IKA. Vol 8, No2 https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/840

Onde, M. Dkk. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Vol 3, No 6. Tahun 2021 https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1449

Riadi. (2021). Learing Loss di Indonesia (serta alternatif solusi pemecahnya). CV Semesta Irfani Mandiri: Depok

Rasisi, dkk. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: studi kasus V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmian Pendidikan Dasar. Vol, VIII. No, 2 http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/15806/0

Rohmat, D. (2021). Manajemen Inovasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Nurul Fiktri. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah

Rusmini dan Saidatul, I. (2021). Strategi implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19: studi kasus di MAN 2 Banyuwangi. Jurnal IJIES. Vol 4, No 1 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/1629

Restian. A. (2020). Freedim of Learning in the “elementary arts and culture” subject the character based covid-19 pandemic. Journal for the interdisciplinary art and education. Vol 1, No 1. Tahun 2020

Santika, I. (2020). Pendidikan krakter pada pembelajaran daring. Jurnal IVCEJ. Vol 3, No 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830

Setiawan. A. (2020). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. p-ISSN: 2442-9511 e-ISSN: 2656-5862. Vol.7. No 1. Januari 2020

Sholichin,M dkk. (2021). Analisis kendala pembelajaran online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA di SMP N 1 Bayung Lencir. Jurnal ilmiah pendidikan biologi. Vol 7, No 2 https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/12926

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta cv.

Sugiharto, DKK. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Wardany, Ossy F dan Yulvina Sani. 2020. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi anak berkebutuhan khusus (survei terhadap orangtua dan guru di lampung. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol 16, No 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/32793

Wulandari. R. (2021). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Sains Secara Sederhana Di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Learning Studie. Vil 1, No 1 https://dmi-journals.org/ijls/article/view/4

Yahya, S. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Lontar Mediatama: Yogyakarta

Zurqoni, dkk. (2018). Strategy and Implementation of Character Education in Senior High Schools and Vocational High Schools. Journal of Social Studies Education Research. Vol 9, No 3. Tahun 2018




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.