Effect Size Model Open Ended Learning on Creative Thinking Ability of Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (ENGLISH)References
Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2014). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. 38–48.
Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. 2(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46
Dini, S. F., Sulistyarini, & Anasi Putri Tipa. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN. Jurnal Untan, 8(7), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i7.34365
Faelasofi, R. (2017). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA POKOK BAHASAN PELUANG. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064
Handoko, H. (2017). PEMBENTUKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL SAVI BERBASIS DISCOVERY STRATEGY MATERI DIMENSI TIGA KELAS X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95.
Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). KEEFEKTIFAN PBL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS, SERTA SELF-ESTEEM SISWA SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663
Hasanah, M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. 8(1), 233–243.
Lisenia Monika Saragih, D. S. T., & Anzelina, D. (2021). Jurnal basicedu. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37–46. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
Ninawati, M. (2017). PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN PEKAYON 15. 93–100.
Ninawati, M., Suryadi, D., & Herman, T. (2018). the Influence of Mathematic Creative Abilities on Student Learning Outcomes. International Conference on Elementary Education, 840–843.
Ninawati, M., Yugianti, A., & Purwanto, S. (2018). The Influence of Brain Based Learning Model to Mathematical Creative Thinking Skills of Student. Proceedings of the 2nd Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship, 3, 53–58. https://doi.org/10.5220/0007115100810086
Panuntun Hsm, S. A. A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
Pratiwi, I., Amaliyah, A., Rini, C. P., Tangerang, U. M., Tangerang, K., Cerita, S., & Siswa, K. (n.d.). DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS IV MI AL-KAMIL. 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
Saefudin, A. A. (2012). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Jurnal.Albidayah, 4(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10
Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Educatio Research, 6(1), 76–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Silviani, R., Zubainur, C. M., & Subianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. 4185, 27–39. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10125
Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31–38. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Suryaningsih, T., & Astuti, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Pecahan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 95–104. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20892
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.