MODEL DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGUASAAN MATERI MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Hastuti Diah Ikawati, Zul Anwar

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan rendahnya penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah pengantar teknologi pendidikan dengan menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperiment dengan pendekatan desain“One Group Pre Test-Post Test Design”. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes sebagai instrumen pokok dan ceklis dokumen sebagai instrumen pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ditemukan hasil hitung adalah 2,279 dengan t table sebesar 2,045 yang menunjukan (2,279 > 2,045) pada taraf singnifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap penguasaan konsep pada mata kuliah pengantar teknologi pendidikan mahasiswa semester tiga Prodi Teknologi Pendidikan FIP IKIP Mataram

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2014. Pengertian model pembelajaran. http://agus supriono. blogspot.com (Diakses tanggal 19 maret pukul 15.10).

Arikunto Suharsimi.2010.prosedur penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

Fatmawati.2006.hhtp://Catansolihin.blogspot.com/2013.Pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran, diakses sabtu tanggal 14 maret 2015 pukul 12:20 WITa.

Daryanto.2014.Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi.Yogyakarta:Gava Media.

Djamarah.(2012). Pengertian prestasi belajar. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hastuti Diah Ikawati, Zul Anwar



Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.