PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DI MTS NW NURUL IHSAN TILAWAH

Ahmad Muslim

Abstract


Pengambilan keputusan partisipatif yang oleh kepala sekolah sangat mempengaruhi peningkatan  kinerja guru dan tata usaha khsusnya di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa pengambilan keputusan partisipatif kepalasekolah. Pengambilan keputusan partisipatif yang terkait dengan empat teknik pengambilan keputusan yakni 1) Sumbang saran (Brainstorming), 2) Teknik kelompok nominal, (The nominal group techniquel NGT), 3) Teknik delphi, 4) Kelommpok mutu (Quality circles). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengelolaan sekolah harus diiringi dengan pengambilan keputusan yang tepat, sehingga setiap kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah merupakan keputusan bersama dalam menciptakan demokratisasi sekolah. pengambilan keputusan partisipatif kepala sekolah di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah sudah dilaksanakan dan terimplementasi dengan baik, hal ini terlihat dari program dan sistem kerja yang terbangun antar kepala sekolah dengan gur, antar kepala sekolah dengan tata usaha dan antar kepala sekolah dengan seluruh warga belajar. Kepala sekolah memberikan partisipasi penuh dalam menymbangkan ide gagasan serta pemanfaat sumberdaya warga sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Salusu. 1996. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: PT. Grasindo.

Siagian, S.P. 1993, Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan, Jakarta: CV Haji

Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan. Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: PT. Pustakaraya.

Miles, M.B., and Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis (2en ed). London : Sage Publication.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Muslim



Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.