Development of Interactive Science Problem Solver Media Based on PBL to Improve Collaboration Skills of Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanti, M., Istyadji, M., & Hasan Basri Banjarmasin, B. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Pokok Bahasan Gerak Benda Untuk Peserta Didik SMP/MTs Development of Interactive Multimedia Using Articulate Storyline on Motion Topic for Students in SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Dan Terapan (JPST), 2(1), 102–115.
Aini, N., & Kusumaningrum, D. (2024). Penerapan Model PBL Berbasis Media Serbaneka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas di SD Negeri Ketawang. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 4(1), 64–70.
Azis, A. A., & Hartini, A. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SPF SMPN 13 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1078–1086.
Dwi Septiani, B., & Okmarisa, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Dengan Pendekatan Scaffolding Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry, 5(1), 12. https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12548
Fitriana, D. E. N., Ratnasari, D., & Hendriyani, M. E. (2023). Analisis Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Enginering Design Process (Edp). Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 379–383. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1501
Lufiasari, A. A. I., & Pusporini, W. (2023). Peningkatan Kolaborasi Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN Panembahan Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 134–139.
Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. November, 1–7.
Masitah, W., Sitepu, M. S., Hidayati, M., & Kaharu, S. N. (2024). The Influence of the Ice Breaking Technique in Learning on the Learning Motivation. Journal of Psychology and Instruction, 8(2).
Megantoro, P., & Sukarmin. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Rmr Sebagai Pendeteksi Dan Pereduksi Miskonsepsi Pada Materi Redoks Dengan Strategi Conceptual Change Text. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(1), 19. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22240
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 3(1), 101–109.
Neliati, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X AKL 1 SMKN 1 Kandangan Tahun 2021/2022. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 200–206.
Nurfadillah, R. A. (2024). Pengembangan E-Modul Ipas Dalam Fase B Materi Sumber Daya Alam Sdn Pengasinan. Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Prianggi, Y., Ketut, B. A. I., & Gede, S. I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Bola Voli Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(3), 122–130.
Rahmawati, D., Khoirunnisa, A., & Isyah Sekarsari, A. ’. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan 4C. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(1), 489–498.
Ramadhani, S., Putri Yanti Pulungan, D., & Sitepu*, M. S. (2024). The Effect of Using Pop Up Book Media on Critical Thinking Ability. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 750–754. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38735
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sapitri, D., & Alwen, B. (2020). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Suprihatin, T., Pritandhari, M., & Dewi, T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ips Terpadu Berbasis Articulate Storyline Kelas Viii Smp Muhammadiyah 3 Metro. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 93–105.
Tussa’diah, H., Yana, I. N., & Pendit, S. S. D. (2024). Implementing Experimental Learning Methods on Student Learning Motivation. Journal of Psychology and Instruction, 8(2).
Waldi, A., Supendra, D., Rivelia, K. P., Anggraeni, A., & Febriani, R. (2025). Application of Digital Teaching Materials Based on Flipped Learning Model in Civics Education in Elementary School. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 9(1), 90–96.
Wulan, O., & Taufina, D. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 98–107.
Wulandari, E., Annidya Putri, I., & Napizah, Y. (2022). Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22834
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v12i2.14856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.