Evaluation of the Character Education Strengthening Program in Elementary Schools in View from CIPP (Context, Input, Process, Product)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, & Suyitno. (2021). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pandes Program Plus Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1).
Aprilia, L., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Tapak Suci Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.56393/educare.v3i2.1709
Ashita, N. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan Terhadap Pembentukkan Karakter Peserta Didik Di Mi Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Program Studi PGMI, 10(4).
Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150
Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.53206
Kafomai, B., & Ramlah, S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1).
Krisnawati, E., & Susongko, P. (2024). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pacul Model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Journal of Education Research, 5(1).
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912
Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373
Nabilla, Z., Hasan, N., & Sufyana, A. Z. (2023). Peran Pembiasaan Membaca Surat Yasin Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMP Wahid Hasyim Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Nurbaya, I., Erni, & Sunardin. (2024). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN 3 Surutanga Kota Palopo. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7(1).
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. (2022). Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).
Pramono, R., Sarliyani, & Purwanto, A. (2020). Evaluasi Program Kegiatan Sekolah Narada Cup Menggunakan Model Evaluasi Cipp (Context, Input, Process, Product) Pada Siswa Sma Narada Jakarta. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(2).
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Sari, B. S. (2020). Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa Di SMPN 1 Diwek Dan SMPN 2 Jombang. Jurnal Ilmuna, 2(1), 14–37. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.399
Sari, R. A., & Chamdani, M. (2020). The Habit of Lining Up To Form Education Value of Discipline Character To Second Grade Students of SD Negeri 1 Kutosari. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. PALAPA, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Subhananto, A., Helminsyah, & Yana, S. (2019). Analisis Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2).
Suryadi, F. L. P., & Wardani, K. W. (2024). Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Menggunakan CIPP. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 14(1 JUNI), 12. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v14i1.58251
Suwartini, S. (2017). PENDIDIKAN Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 4(1).
Wage, I., Atmadja, N., & Sriartha, I. (2020). Evaluasi Efektivitas Program Penguatan Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Contexs, Input, Process Dan Produk. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2).
Widoyoko. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Wiratnaya, I. M., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2).
Yulianto, D., & Sayekti, L. A. (2020). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Kulon Progo. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 8(1).
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v11i4.12944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.