Character Development in Today's Children: The Impact of Modern vs. Traditional Games
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Crompton, H., Lin, Y.-C., Burke, D., & Block, A. (2017). Mobile Digital Games as an Educational Tool in K-12 Schools. Perspectives on Rethinking and Reforming Education, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Deona, S. (2018). Membangkitkan Kembali Kecintaan Anak terhadap Permainan Tradisional dalam Rangka Tumbuh Kembangnya.
Dr. Hj. Khadijah, M. A. dan, & Armanila, S.Pd.I., M. P. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1).
Hadisaputra. (2022). Strategi Pemanfaatan Game Online Dalam Mendidik Anak Usia Dini. NANAEKE - Indonesia Journal of Early Childhood Education, 5(1), 1–14.
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengenalan Anak Pengidap Disleksia. 7(2), 21–32. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568
Imam, H. (2018). Perkembangan Manusia Dalam. IQ (Ilmu Al-Qur’an), 1(01), 84–99. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010302-TM.pdf
Indonesia, D. K. R. (2017). Undang-Undang Republik Indonesian No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Rencana Umum Energi Nasional, 73, 1–6. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2017/uu5-2017bt.pdf
Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Indonesian Ministry of Education and Culture, 1–10. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132%0Acerdasberkarakter.kemendikbud.go.id
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Laela, A., & Aprianti, E. (2019). Metode Bermain Menggunakan Alat Permainan Edukatif ( Ape ) Di Kelomp. 2(6).
Maharani Ramadhanti, M Syarif Sumantri, E. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time). 4 (April), 33–35.
Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
Nur, H. (2018). Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(12), 1226–1231. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2018.05.001
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481. Pengaruh Game Online, Perkembangan Emosi dan Sosial, Anak sekolah Dasar.
Sihaloho, M. S., Suwu, E. A. A., & Mumu, R. (2020). Kajian game online terhadap anak di bawah umur di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado (Studi kasus pada anak di bawah umur 12 tahun). Jurnal Holistik, 13(1), 1–12.
Sofianto, A. (2017). Permainan Anak Masa Kini dan Kontribusinya pada Pendidikan Karakter Anak. 14–16.
Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jsk, 4(3), 96–101.
Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287
Tribunnews.com. 08 Mei 2021. "Tak Punya Uang untuk Top Up Games Online, Bocah Nekat Mencuri dan Bakar Rumah Tetangga". Berita online. http://tribunnews.com. Diakses tanggal 09 Mei 2021.
Trinova, Z. (2017). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). https://repository.sttjaffray.ac.id. March.
Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5479
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.5063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dara Oktaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.