Semi-Online Learning as a Solution to the Digital Divide in Education in Frontier, Outermost, and Disadvantaged Regions (3T)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arika, Y. (2020, July 14). Pembelajaran semi daring untuk mengatasi kendala teknologi. Kompas.id. Retrieved from https://www.kompas.id/...pembelajaran-semi-daring…
Arkiang, F. (2021). Analisis pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal pendidikan, 12(1), 57-64. Retrieved from https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/7917/4254
Badan Pusat Statistik. (2021). Indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (IP-TIK) 2020. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/.../indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi--ip-tik--indonesia-2020
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/.../statistik-telekomunikasi-indonesia
Bona, M. F. (2021, January 22). Mendikbud dorong daerah 3T segera pembelajaran tatap muka. Berita Satu. Retrieved from https://www.beritasatu.com/.../dorong-daerah-3t…
Chaterine, R. N. (2021, April 30). Siklon tropis dan dampak badai Seroja yang Ekstrem di NTT. Kompas.com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/.../...dampak-badai-seroja-yang-ekstrem-di-ntt
Choudrie, J. P. S., & Davari, S. (2020). The digital divide and older adult population adoption, use and diffusion of mobile phones: A quantitative study. Information Systems Frontiers, 22(3), 673-695.
Direktorat Sekolah Menengah Atas. (2020). Evaluasi pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah). Jakarta. Retrieved from https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/materi/1_2_Survey_BDR_SMA_r3.pdf
Harnani, S. (2020, July 7). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Kementerian Agama RI. Retrieved from https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Hasan, M., Thamrin, M. I., Rahmatullah, Pratama, M. A. D., Darwis, N. W. (2021). Implementasi pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di daerah 3T pada masa pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal pendidikan, sosial, dan budaya, 7(3), 47-56. Retrieved from https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.413
Hootsuite. (2021, February 11). Digital 2021 Indonesia: all the data, trends, and insights you need to help you understand how people use the internet, mobile, social media, and e-commerce. Datareportal.com. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019, October 10). Digitalisasi sekolah percepat perluasan akses pendidikan berkualitas di daerah 3T. Kominfo. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/22211/digitalisasi-sekolah-percepat-perluasan-akses-pendidikan-berkualitas-di-daerah-3t/0/artikel_gpr
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) Jakarta. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Buku saku bantuan paket kuota data internet tahun 2021 (september-november 2021). Jakarta. Retrieved from https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/bukusaku.pdf
Kuputri, N. M. (2020). Digital divide: a critical approach to digital literacy in ‘making Indonesia 4.0, Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), 478, 1-6. Retrieved from https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.001
Mardianto, A., & dkk. (2021). Pendidikan Bagi Anak di Daerah 3T. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19). Jakarta. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/.../se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. London: Sage.
Muchamad, M. K., Gani, T. A., & Wahyuni .P. (2020). Kampus merdeka: menilik kesiapan teknologi dalam sistem kampus. Aceh: Syah Kuala University Press. Retrieved from https://books.google.co.id/kampusmerdeka:menilikkesiapanteknolgidalamsistemkampus
Prasetyo, W. B. (2021, May 4). Kemdikbudristek: 407.000 sekolah dan 56 juta siswa terdampak pandemi. Berita Satu. Retrieved from https://www.beritasatu.com/.../kemdikbudristek-407000-sekolah-dan-56-juta-siswa-terdampak-pandemi
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Sulawersi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/...penelitian-kualitatif
Schleicher, A. (2020). The Impact of Covid-19 on Education: Insight From Education at A Glance 2020. Paris: OECD.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(2), 1-6. Retrieved from https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sudarsana, I. K. dkk. (2020). Covid-19: Perspektif pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
UNICEF. (2021, September 15). Indonesia: 18 bulan setelah sekolah ditutup, kini waktunya anak-anak kembali ke sekolah dengan aman sesegera mungkin - UNICEF/WHO. Unicef. Retrieved from https://www.unicef.org/.../18-bulan-setelah-sekolah-ditutup...
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.4960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Amanda Putri Nahumury, Rian Antony

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.