The Effect of Self-Confidence and Mathematics Anxiety on Mathematical Communication Ability of Class IX Students of Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arofah, A. J., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX dalam Pembelajaran Matematika. MAJU, 8(2), 328-335.
Fitriani, Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Baidowi. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1552-1563.
Ghurfah, A., Sripatmi, Novitasari, D., & Baidowi. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 10-21.
Hartanti, J. (2018). Konsep Diri Karakteristik Berbagai Usia. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.
Hulukati, W. (2016). Pengembangan Diri Siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing.
Lubis, C. M., Rajagukguk, W., & Fauzi, K. M. A. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika. 12(1), 1-6.
Muniroh, Rosyana, & Hendriana. (2018). Hubungan Self-Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 479-486.
Nasution, A. S., & Nurdalilah. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Gender terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 15-23.
Putri, E., Arjudin, Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390-1398.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 351-360.
Sandri, M., Usdiyana, D., & Priatna, N. (2019). Analyze the Mathematical Communication Ability of Junior High School in Rectangular Materials. 1st International Seminar STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum), 734-741.
Santoso, E. (2021). Kecemasan Matematis : What And How?. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(1), 1-8.
Sidik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan antara Self-Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 222-226.
Turmuzi, Wahidaturrahmi, & Kurniawan. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50-61.
Ulymaz, B. A. P., Baidowi, Kurniawan, E., & Sripatmi. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2597-2607.
Umaroh, S., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2020). Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Indikasi dan Riset Pendidikan Matematika. 1(1), 1-15.
Winardi, M. P. A., Halini, & Hamdani. (2019). Hubungan Kecemasan Matematika dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX pada Materi SPLDV. Artikel Penelitian, 1-10.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.9460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuniarti*, Sripatmi, Syahrul Azmi, Muhammad Turmuzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.