Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Pada Materi Laju Reaksi

Esra Hotmaria Gultom, Susilawati Amdayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sumber belajar siswa dalam mengaitkan ilmu kimia dengan ilmu lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul serta mengetahui respon siswa dan praktikalitas guru dari penggunaan e-Modul kimia berbasis STEM dengan tampilan flipbook pada pokok bahasan laju reaksi untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan desain penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk mencari terlebih dahulu informasi yang diperlukan dalam penelitian dan angket digunakan untuk melihat dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul. Hasil penelitian diketahui valid dengan menunjukkan hasil validasi materi dan media dalam modul kimia berbasis STEM pada materi laju reaksi.


Keywords


e-Modul, STEM, Momen Kappa, Laju Reaksi

References


Amdayani, S., Makharany, D., dan Haqqi, A N. (2022). Pengaruh modul termokimia berbasis STEM terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kapita selektakimia. Scool Education Journal. 12(2): 96.

Arnila, R., Sri, P., dan Nehru. (2021). Pengembangan e-modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada materi fluida statis dan fluidadinamis menggunakan kivosft flipbook maker. Jurnal Pendidikan. 5(1): 1-6.

Hamalik. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Irmita, L, U. (2018). Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan science, technology, engineering and mathematic (STEM) pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal pendidikan kimia. 2(2): 27-37.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu pendidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Maunah, A. (2009). Landasan Pendidikan. Yigyakarta: Pendidikan Teras.

Maya, Y dan Nurhuda. (2017). Pengaruh pemanfaatan waktu belajar pemanfataan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akutansi di SMK Labor Binaan FKIP INRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi FKIP. 5(1): 34.

Putri, M., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174-180. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3073

Rahmawati, D., Sri, W., dan Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal pembelajaran fisika. 6(4): 327.

Sanaky, M M., La Moh. Saleh., dan Henriette, D T. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedungasrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik. 11(1): 433.

Siswanto. (2008). Validitas sebagai alat penentuan kehandalan tes hasil belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 6(1): 109.

Sujana, I, W, C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 29-39.

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Susilo, A., Siswandari., dan Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(1): 50-56.

Thiagarajan, S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A source book. Minnesota: University of Minnesota.

Zevenbergen, R. J., Grootenboer, P., dan Sullivan, P. (2010). Good learning=A Good Life: Mathematics Transformation in Remote Indigenous Communities. Australia Journal of Social Issues. 45(1): 131-145.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Esra Hotmaria Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.