Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa di SMA Swasta Cerdas Murni

Rida Anastasia Nasution, Ani Sutiani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh informasi dari studi literatur dan studi lapangan pada modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 2) Untuk membuat rancangan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 3) Untuk mengetahui kelayakan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah modul berbasis discovery learning sedangkan objek penelitian yaitu materi larutan asam basa yang dimana akan divalidasi oleh 3 orang validator ahli materi, 3 orang ahli media, 2 respon guru kimia dan 10 orang siswa XII MIPA 1 (evaluasi satu lawan satu). Langkah-langkah pengembangan modul ini adalah 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Perencanaan produk. 3) Pengembangan Produk Awal. 4) Uji coba lapangan. 5) Revisi modul hasil uji coba. Kesimpulannya adalah modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan larutan asam basa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/menarik digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan penilaian dari ahli materi mencapai pesentase rata-rata sebesar 85,33% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak dan ahli media memberikan penilaian dengan persentase rata-rata sebesar 91,44% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon guru adalah sebesar 92,02% dengan kriteria sangat menarik. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon siswa SMA kelas XII IPA d mendapatkan kriteria sangat menarik dengan persentase 89,91%.

Keywords


Pengembangan dan Penelitian; Modul Discovery Learning; Literasi sains; Larutan Asam Basa

References


Anisa, R. Rayendra, W, B. dan Bambang, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 5 E Pokok Bahasan Getaran Harmonis Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7 (2). 181-188.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cintia, Nichen Irma, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32(1). DOI: 10.21009/PIP.321.8

Muchtaridi. (2017). Kimia 2 SMA Kelas XI. Jakarta Timur. Yudhistira.

Purba. Michael. (2017). Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Silitonga, P.M. (2014). Statistik. Medan: FMIPA UNIMED.

Silitonga, P. M. (2011). Statistika Teori Dan Aplikasi Dalam Penelitian. Medan: FMIPA Universitas Negeri Medan.

Sudarmo, Unggul. (2016). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfabetaCV.

Wicaksono, Ardian Trio. (2016). Tinjauan Pemahaman Konsep Larutan Asam basa PadaTingkat Makroskopik dan Tingkat Mikroskopik Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan) 05(2). 2548-8376. 1-6.

Wulandari, Nisa dan Hayat Sholihin. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. EDUSAINS. ISSN : 2443-1281. 66-73.

Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1). ISSN : 2615-6091.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rida Anastasia Nasution, Ani Sutiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.