Development of Canva-Based Learning Media for 11 Grades of SMAN 3 Lamongan on Physics Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
Astuti, S. P. (2021). Pengembangan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Listrik Statis. Navigation Physics, 3(1), 8-15.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200-3206.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
Hotang, L. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 6 Pekanbaru semester genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56-68.
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Novelensia, E. T. P., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 242-247.
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Pisnanji, M. A., Islamiyah, T. A., & Putri, W. A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Materi Fluida Statis pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas. Integrated Science Education Journal, 3(1), 6-10.
Putra, L. D. (2022). Pemanfaatan canva for education sebagai media pembelajaran kreatif dan kolaboratif untuk pembelajaran jarak jauh. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125-138.
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran model 4d pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.
Rahmayanti, Dela. (2020). Pengaruh penerapan media Canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 8,(4) .
Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA: Literature review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.
Trihandayani, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN IC REGULATOR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Wiryani, A. P., Hudaidah, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Yamin, M. R., & Karmila, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307
Zarvianti, E., Pilendia, D., & Sandra, L. (2022). VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CANVA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI KELAS X SMKN 4 KERINCI. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 519-527.
Zulherman, H. G. P. P. (2021). Analysis Of The Needs of Animated Video Media Based on The Canva Application in Science. 6 (April), 22–29.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i3.7921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ENDAH KURNIASIH, Ibut Priono Leksono, Ujang Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.