Pengembangan Media E-Book Cerita Fiksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Anis Eko Liyawindari, Wahyu Sukartiningsih, Suparti Suparti

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan 1) mendiskripsikan validitas pengembangan media E-Book cerita fiksi, 2) mendeskripsikan kepraktisan media E-Book cerita fiksi ditinjau materi dan penyajian materi, 3) dan mendeskripsikan keefektifan media E-Book cerita fiksi untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas VI SD . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian R&D model ADDIE dengan menggunakan 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Validitas diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media dengan validitas media sebesar 92% dan 89%, materi , dan ahli bahasa yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa E-Book cerita fiksi yang dikembangkan telah layak dari penilaian yang dilakukan pada ahli media sebesar 92% dan 89%, materi 91% dan 93% dan ahli Bahasa dengan menunjukkan hasil sebesar 92%, 89%, dan 92%  yang termasuk pada kategori “sangat valid” ahli. Sementara itu pada pengujian keefektifan media e-book media E-Book cerita fiksi dengan menggunakan uji-t pada kelompok kecil diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mendapatkan nilai tersebut kurang dari 0,05 sedangkan pada uji kelompok besar  juga diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-book ini telah layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas VI sekolah dasar.

Keywords


Media E-Book; Keterampilan Menulis; Cerita Fiksi

References


Adnan, A., Muharram, M., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-Book biologi berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 112-119.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Alinssan, E. A., & Saring Marsudi, S. H. (2020). Implementasi Ekstrakurikuler Jurnalistik Untuk Menumbuhkan Keterampilan Menulis Dan Berpikir Kritis Peserta didik Di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Atmojo, E. R. D. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(3), 172-182.

Cerdas Berkarakter. Diambil 18 April 2022, dari situs World Wide Web:

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/

Destriani, R. (2019). Pengembangan E-Book dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Erma Ferra, S. (2021). Pembuatan Ebook dan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Cara Menanam Tomat, Taoge, dan Bayam Untuk Anak SD.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Batu: Literasi Nusantara.

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369-384.

Hermansyah, H. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15-25.

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 30-41.

Fendi, S. (2011, 16 Februari). Kriteria Penilaian Menulis Cerpen. Diambil 3 April 2022, dari situs World wide web:

https://id.scribd.com/doc/48942978/KRITERIA-PENILAIAN-MENULIS-CERPEN

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Juniyarti, J., & Mulyati, Y. (2018, November). Integrasi Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Membaca Intensif. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 1051-1060).

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74-82.

Laili, Y. R., Putriani, I., & Widiastuti, S. (2021). Pengembangan Ebook Interaktif Taksi (Cerita Fiksi) sebagai Media Keterampilan Apresiasi Sastra Development of Interactive Ebook Taksi (Fiction Story) As a Media of Literary Appreciation Skills.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Peserta didik Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublisher.

Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Mu’awwanah, U. Kemampuan Menulis Cerita Di SD. JGK (Jurnal Guru Kita), 1(2), 26-39.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada peserta didik sekolah dasar. Basastra, 2(1).

Musaba, Z., & Siddik, M. (2018). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Yogyakarta: CV. Ampera.

Musdalifa, M. (2021). Pengembangan E-Book Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Fisika Di Smp Satap Negeri 8 Sengkang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2022). Validitas E-Book Terintegrasi Hands On Minds On (Homo) Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116-126.

Rafidah, H. N., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning Pada Submateri Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X Sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 418-433.

Raharjo, S. Cara Menghitung N-Gain Kelas Ekperimen dan Kontrol dengan SPSS. Diambil 28 April 2022, dari situs World wide web:

http://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html

Restiyowati, I. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas Xi Sma (Ebook The Matter Of Interactive Even Semester Chemical Class Xi High School). Unesa Journal of Chemical Education, 1(1).

Akdon, dan Ridwan.(2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung:

Alfabeta.

Santoso, A. (2015). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sholihah, S. I. (2021). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Teks Puisi Kelas X Man Kota Batu. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(23).

Suwadah, S., Azis, S. A., & Asnawati, A. (2021, December). Sastra Digital Wujudkan Ruang kreatif bagi Generasi Milineal dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 5, No. 1).

Sunari, R. S., Hartati, T., & Kurniasih, K. Efektivitas Pembelajaran Cerita Fiksi Anak Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 103-117.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Peserta didik Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8-16.

Yuono, H. (2019). Hubungan Minat Baca Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 181-200.

Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Makhamah, Al-Ma'ruf, A. I., & Prabawa, A. H. (2018). Keterampilan Menulis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Wulandari, D. (2021). Pengembangan E-Booklet sebagai Media Pembelajaran dalam Materi Teks Cerita Pendek Untuk Mendukung Keterampilan Berpikir Imajinatif Peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 9 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(21).

Nurmina, N. (2014). Menulis Kreatif Cerita Fiksi Anak. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2).

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash untuk pembelajaran keterampilan menuliskan kembali cerita peserta didik kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7).

Laili, Y. R., Putriani, I., & Widiastuti, S. (2020). Development of Interactive Ebook Taksi (Fiction Story) As a Media of Literary Appreciation Skills. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 166-175.

Syahbana, A., Rasyad, S., & Rosmaya, E. (2021). Bahan Ajar Ebook Teks Cerpen Untuk Sma. Jurnal Tuturan, 10(2), 82-91.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anis Eko Liyawindari, Wahyu Sukartiningsih, Suparti Suparti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.