Development of STEM-Based E-Modules on Colloid Material to Train Scientific Literacy Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa [Development of STEM-Based E-Books on Ecosystem Materials to Practice Students’ Scientific Literacy
Skills]. BioEdu, 10(1), 635–646.
Andari, I. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Jurnal Pendidikan, 2(1), 263–275.
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Dalimunthe, S. K., & Simorangkir, M. (n.d.). Developing Problem-Based E-Module Using Moodle In Solubility And Solubility Product Constant Learning Material For High School. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324694
Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2),
–49.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Jamilah, M., & Silaban, R. (n.d.). The Innovation of STEM-PjBL-based Chemistry PracticumGuide to Improve Science Process Skills and Learning Outcomes of Class XI Students. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324592
Muchtar, Z., Rahmah, S., Harahap, F., Kurniawan, C., Ulfa, N., Hasniyah, F., Chaniago, F. A., Fadhillah, M., Sihombing, J. L., Sari, S. A., & Zubir, M. (2022). Pengembangan Praktikum Kimia Dasar berbasis Video pada Materi Sistem Periodik Unsur. Edukimia, 4(1), 010–017. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i1.a325
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Nurhayati, E., Andayani, Y., Hakim, A., Mataram, U., Studi, P., Kimia, P., Mataram, U., Barat, N. T., & Semmel, S. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS STEM DENGAN Development of Stem-Based Chemical E-Modules with Etnoscience Approach. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2768
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan KonsepSiswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19270
Rahman, L., Silaban, R., & Nur, N. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbantuan Flip Pdf Professional Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Pokok Bahasan Karbon Dan Silikon. Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 1, 185–191. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5440
Rejeki, S., & Azis, A. A. (2022). LKPD Berorientasi HOTS Pada Materi Biologi kelas X di SMA Kristen Rantepao Student Worksheet Oriented to HOTS On Biology Subject For Grade X th at SMA Kristen Rantepao. 218–231. https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.7775
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254
Suryani, K., Utami, I. S., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. 25(3), 358–367.
Susanti, L. Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma/ Smk Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 32. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40
Tarbiyah, F., Ib, U. I. N., Modul, P. E.-, Berbasis, F., Kiswanda, V., Aswirna, P., Islam, U., Imam, N., Padang, B., Yunus, J. M., & Lintah, L. (n.d.). JOURNAL CERDAS MAHASISWA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Padang. 62–75.
Ummah, M., Rusilowati, A., & Yulianti, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 51–57
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i3.7614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aria Nanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.