Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin

Suharyani Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, Farida Herna Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konsep TaRL dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak di SD IT Ash-Shiddiqin. Subyek atau responden dalam penelitian ini adalah guru-guru, peserta didik dan kepala sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD IT Ash-Shiddiqin yang beralamat di Jalan Orong Bukal Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Mixed methods research design (rancangan penelitian metode campuran) merupakan suatu prosedur dalam mengumpulkan, menganalisis, dan “mencampur” metode kuantitaif dan kualitatif dalam suatu penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis data deskriptif, diperoleh nilai rerata pretest Berdasarkan hasil analisis data deskriptif, diperoleh nilai rerata pretest siswa = 50.63 dan pada postes=58.69.

Keywords


TaRL; Literasi; Numerasi

References


Nana Sujana &Ibrahim” Penelitian dan Penelitian Pendidikan” Pen. Sinar Baru Agresindo. Bandung 2001

Sugiyono, 2009 “Statistika untuk Penelitian”, Pen. Alfabeta, Bandung .

Suharsimi Arikunto, 2002 “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik” PT RinekaCipta, Jakarta.

Suharsimi Arikunto, 2013 ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Pen. PT Rineka Cipta, Jakarta.Cet. 15.

Syofian Siregar, 2013 “Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi PerbandinganPerhitungan Manual & SPSS,”Pen. Kencana, Jakarta.

Sugiyono, 2010 “Statistika Untuk Penelitian”, Pen. Alfabeta, Bandung.

Tasmara T, 1999 “Dimensi Doa dan Dzikir Menyelami Samudra Qolbu Mengisi Makna Hidup” Pen. PT. Dana Bakti Primarsa, Yogyakarta.

Dr Supangat.2022.Kurikulum 2022:Mengenal Kur.Prototipe Bagi Sekolah dan Guru

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Syahratul Mubarokah, 2022“ Bada’a; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, volume 4 Nomor 1

Dr Supangat.2022.Kurikulum 2022:Mengenal Kur.Prototipe Bagi Sekolah dan Guru

Syarifuddin, Muhammad Zuaulhaq, Anggih Tri Cahyadi (2022) Pengaruh Program Gemar Literasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Guru dan Literasi Dasar Siswa.. Jurnal Ilmu Sosial, Volume 1 Nomor 7

Mengenal teaching at the right level kurikulumprototipe prototipe, diakses 15 juni 2022 dari situs web: https://naikpangkat.com/mengenal-teaching-at-the-right-level-kurikulum- prototipe/#:~:text=Teaching%20at%20the%20right%20level%20(TaRL)%20merupakan%20p

Hasil UN Puspendik, diakses 17 juni 2022 dari situs web: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2.pdf

Berkenalan Menu Baru AKM Literasi, diakses 11 juli 2022 dari situs web https://sisariyantimedia.com/berkenalan-menu-baru-komponen-akm-literasi-dan-numerasi/

Pentingnya guru melakukan asesmen diagnostic, diakses 12 juli 2022 dari situs web https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pentingnya-guru-melakukan-asesmen-diagnostik

Repositori UPI, diakses 5 juli 2022 dari situs web: http://repository.upi.edu/37892/6/T_PSN_1603195_Chapter3.pdf




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suharyani Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, Farida Herna Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.