Pembelajaran Daring PAI: Implementasi dan Problematika Penggunaan Google Classroom Pada kelas XI IPA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, problematika, dan upaya guru PAI dalam mengatasi problematika selama pembelajaran Daring dengan menggunakan Google Classroom pada kelas XI IPA di SMAN 2 selong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan dekskriftif. Dalam memperoleh data selama penelitian, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa selama pelaksanaan pembelajaran Daring PAI dengan menggunakan Google Classsroom di SMAN 2 Selong sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang paham selama pembelajaran Daring. Namun ditemukan bahwa Guru PAI mengalami beberapa permasalahan selama proses pelaksanaan pembelajaran Daring PAI, yaitu kurangnya kontrol guru karena tidak dapat bertemu secara langsung dengan siswa, gangguan jaringan, siswa terkadang tidak fokus selama pembelajaran berlangsung, dan karakteristik materi yang membutuhkan pembelajaran Daring dilakukan secara tatap muka.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika aditama
Anam, Khoirul. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No. 5 (2015).
Ansawir, and Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Azhar, Arsyad. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
———. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Cynthia, Lela Camellia, dkk. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016”, dalam file:///C:/Users/user/Downloads/17966-37762-1-SM.pdf, diakses pada 13 Januari 2020, pukul 10.48 WITA.
Creswell, W. John. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djuwariyah. “Hubungan Kontrol Diri Guru Dengan Intensi Melakukan Kekerasan Terhadap Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1 (n.d.).
Erayati, Tiyas. “Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA”, dalam https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/5961/pdf, diakses tanggal 12 Januari, pukul 21.43.
Fiqyh A., Hisyam Muhammad, and Alaika M. Bagus. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama Vol. 10, No. 2 (2019).
Hallen. (2002). Bimbingan Dan Konseling Dalam Islam. Jakarta: Ciputat press
Kasih, Ayunda Pininta. “Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning: Ini Pilihan Bukan Kewajiban”, dalam https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/11/103528671/tatap-muka-di-zona-hijau-dan-kuning-kemendikbud-ini-pilihan-bukan-kewajiban?page=all. Diakses pada 2 Desember, pukul 11.03 WITA.
Kern, Richard. (2000). Literacy & Language Teaching. Oxford: Oxford University Press
Kurniawan, Hendra. “Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Sejarah.” Jurnal Historia Vitae Vol. 32, No. 1 (n.d.).
Maharani, Nia, and Ketut Sepdyana Kartini. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Komputer.” Journal Of Science Education Vol. 3, No. 3 (n.d.): 2019.
Mardalis. (2014) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Nurcahya, Ade, and Hady Siti Hadijah. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 5, No. 1 (2020).
Purmadi, Ary & Kholisusa’di (2021) Pengembangankelas Virtual Berbasis Moodleuntuk Memfasilitasi Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran)Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. Vol. 8 (1). 11-19. DOI: 10.17977/um031v8i12021p011
Rusman. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarajat, Akhmad. (2011). Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual. Yogyakarta: Paramitra Publishing
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan Dan Konseling. Semarang: Swadaya Publishing
Susilo, Aditya, and dkk. “Corona Virus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 7, No. 1 (2020).
Syahputra, Muhammad Romi. “Pengaruh Persiapan Belajar SiswaTerhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Akar Kuadrat Bilangan Bulat Siswa SMP Swasta Bandung Percut SEI Tuan.” Jurnal Matik Penusa Vol. 19, No. 1 (2016).
Tim FTK UIN Mataram. (2020). Pedoman Pembelajaran Daring. Mataram: UIN Mataram
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.7140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zainiya Anisa, zainiya anisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.