Desain Pembelajaran Full Day School sebagai Invensi Penerapan Kurikulum SIT di SMP IT Anak Sholeh Mataram

Restu Wibawa, Hardiansyah Hardiansyah, Wiwien Kurniawati

Abstract


Rancangan program pendidikan pada setiap jenjang yang akan digunakan sebagai pijakan pelaksanaan pendidikan disebut dengan istilah kurikulum. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk merancang pembelajaran Full Day Shool pada sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan narasumber kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru, dan Tata Usaha Teknik analisis data yaitu interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Implementasi program terhadap pelaksanaan kurikulum di SMP IT Anak Sholeh Mataram sudah terlaksana 90% sesuai dengan perencanaan awal dan yang menjadi program unggulan atau program khusus dari sekolah tersebut yaitu pengembangan Al-Qur’an Tahfidz dan BPI. SMP IT Anak Sholeh Mataram menggunakan 2 kurikulum yaitu Diknas dan JSIT, dalam pelaksanaan kurikulum Islam Terpadu karena SMP IT Anak Sholeh Mataram ikut dinas pendidikan maka dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mengikuti peraturan dari dinas pendidikan, seperti halnya program tahfidz dilaksankan setiap hari dan program BPI dilaksanakan 1 minggu sekali, tetapi tetap selalu menyisipkan dengan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan belajar mengajar.


Keywords


Desain Pembelajaran; Full Day School; Kurikulum SIT

References


Ariah. 2015. Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Melalui Implementasi Islamic Full Day School, jurnal Didaktika Tauhidi ISSN 2442‐4544 Volume 3 Nomor 2, Oktober 2015, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor.

Atmojo Doso, 2018. Manajemen Kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug Grobogan Skripsi diterbitkan, Metro: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Erwanto. Juni 2019. Penerapan Kurikulum Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Dalam Pembentukkan Karakter Religius Siswa SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Al Bahtsu: Vol. 4, No. 1.

Fahmi, Agus. April 2019. Polarisasi Manajemen Strategik Pendidikan Dalam Implementasi Full Day School. Mataram: Jurnal Visionary Volume 4 Nomor 1.

Haryaningrum, R., Muhdi, M., & Retnaningdyastuti. (2017). Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mulia Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Managemen Pendidikan, 6(2), 129–141

Ismail, Fajri. 2018. Pelaksanaan Kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman.Vol 8, No.1.

JSIT Indonesia. 2017. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: Tim Mutu JSIT Indonesia.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikuulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sholihah. 2017. Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. KUTTAB, 1(2), 168–179.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.7056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hardiansyah Hardiansyah, Restu Wibawa, Wiwien Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.