Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi LSP P1 terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Didik melalui Model CIPP di SMK Negeri 2 Kota Kediri

Ira Luvi Indah Astutik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan uji sertifikasi LSP P1 terhadap peningkatan kompetensi peserta didik melalui model CIPP di SMKN 2 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan CIPP yang meliputi aspek context, input, process, product dan secara menyeluruh. Populasi dalam penelitian ini adalah asesor yang berjumlah 5 orang. Sampel yang di gunakan adalah seluruh anggota populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Pendeskripsian data menggunakan pendekatan kategori jenjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK program keahlian multimedia ditinjau dari aspek : (1) context termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 41,80 atau (87,00); (2) input termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 55,80 atau (87,19%); (3) process termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 36,40 atau (82,73%); (4) product termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 27,40 atau (85,63%); dan (5) secara menyeluruh termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian hasil kualitas sebesar 161,40 atau (85,85%). Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi hendaknya dilaksanakan secara berjenjang untuk menyelesaikan seluruh skema agar lulusan mendapatkan sertifikat kompetensi SKKNI level 2.


Keywords


evaluasi; CIPP; uji sertifikasi; kompetensi asesor;

References


Ambiyar & Muharika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta. http://repository.upiyptk.ac.id/2917/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN EVALUASI PROGRAM-MUHARIKA FIX.pdf

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2019). Petunjuk Teknis Pelatihan Asesor Kompetensi Dan Recognition Current Competency ( Rcc ).

Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.

Gunadi. (2015). Peningkatan Keterampilan Produktif Calon Guru Smk. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kejuruan, 21(4), 301–306.

Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Hidayati, A., Barr, F. D., & Sigit, K. N. (2021). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 284. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39508

Kuntoro, T. (2020). EVALUASI PELAKSANAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Oleh LSP-P3 DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN MODEL CIPP. 204.

Mahmudi, I. (2011). CIPP : Suatu Model Evaluasi Pendidikan. At-Ta’Dib. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 9–11.

Marsiti, C. I. R. (2011). Upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan melalui pengembangan profesionalisme guru. In Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 1, Issue 1, p. 157). https://doi.org/10.21831/jpv.v1i1.5810

Murniati & Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajemen Strategik dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Citapustaka Media Perintis.

Taufiqurrahman, M. (2022). Penggunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Program Asistensi Mengajar Di TK Miftakhul Jannah. 11(3).

Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. Addabana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/addabana/article/download/122/132

Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17–45.

Stufflebeam, D.L., Madamand, C.F., & Kellaghan, T. (2000). Evaluation models. Boston: Kluwer Academic Publishers




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ira Luvi Indah Astutik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.