Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Sekolah Dasar

Siti Hodijah, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yulianti

Abstract


Rendahnya hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 1 Jagabaya 1 Bandar Lampung salah satu penyebabnya ialah selama proses pembelajaran IPS guru kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dan mengeluarkan ide-ide atau kemampuan berfikir dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan responden sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Tehnik pengambilan data dengan menggunakan pengamatan (observasi) dan Tes individu yang berupa ulangan harian setiap akhir pelaksanaan siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Prestasi belajar, IPS, Kooperatif.

References


Aqib. 2008. Tinjauan Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. Suharjono dan Supardi. 2006. Tinjauan Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono. 2000. Pelatihan dan Pengajaran. Jakarta: Siliwangi.

Departemen Pelatihan Nasional. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS.

Dimyati dan Mulyono. 2002. Belajar dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri Zain, Azwan. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. 2000. Pengajaran Kooperatif Usaha Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2007. Pengajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurikulum. 2004 terkait Ilmu Pengetahuan sosial.

Nurgiantoro. 1995. Kriteria Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

PP No. 19 tahun 2005 terkait Standar Nasional Pelatihan.

Sadiharjo, 2004. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud.

Sunal dan Has. 1993. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Gramedia Utama.

UU No. 20 tahun 2003 terkait Sistem Pelatihan Nasional.

UU No. 14 Tahun 2005 terkait Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Hodijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.