Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung

Ade Aransyah, Herpratiwi Herpratiwi, Muhammad Mona Adha, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yuliati

Abstract


Program sekolah ini dirancang untuk mendukung setiap sekolah dalam menciptakan generasi pembelajar sepanjang hayat yang berkepribadian sebagai siswa pelajar Pancasila.Komitmen yang kuat, kesungguhan dan implementasi nyata dari semua pihak, sehingga profil pelajar pancasila dapat tertanam pada peserta didik. Pada pelaksanaannya dewan guru sebagai fasilitator merasakan kebingungan dalam merancang pelaksanaan pembelajaran disekolah terutama pada penyusunan perangkat ajar yang berupa modul ajar pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi evaluasi modul kurikulum merdeka sekolah penggerak terhadap peserta didik sma perintis 1 bandar lampung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi. populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XII SMA Perintis 1 Bandar Lampung yang berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan teknik random sampling yang mengikuti mata pelajaran PKn, pemilihan mata pelajaran Pkn ditentukan mengingat waktu yang terbatas. Penelitian ini menggunakan 20 item insturmen dengan hasil reabilitas instrument 0,847 yang memiliki alternative reabilitas instrument sangat tinggi. Guna mengetahui ada pengaruh atau tidaknya Implementasi pelatihan modul merdeka belajar terhadap peserta didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung, dilakukan uji hipotesis N-Gain dengan mengukur hasil prestest dan posttest nilai ujian Pkn Peserta didik


Keywords


Modul Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Pelatihan Guru

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Anjasmara. (2022). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Financial Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4, 1225–1237.

Dini, F., Nesri, P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia Abstrak. October. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Handayani, A. S. (2017). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Efektivitas di MTs Muqimus Sunah Palembang. 3(1), 121–125.

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. 1(5), 224–236.

Kemampuan, M., & Kritis, B. (2017). Pelatihan pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. 42–46.

Lathiifah, I. J., Apriani, F., Agustine, P. C., & Tengah, B. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pendahuluan. 15(2), 85–94.

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Satriawan, H., Fuady, Z., & Fitri, R. (2021). Soil erosion control in immature oil palm plantation. Journal of Water and Land Development, 49, 47–54. https://doi.org/10.24425/jwld.2021.137095

Sulasmono, B. S. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak Abstrak. 4(2), 1112–1123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., Mandasari, L., & Matematika, J. T. (2020). Jurnal abdidas. 1(6), 597–602.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Aransyah, dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.