PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Restu Wibawa

Abstract


Kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKN masih rendah hal ini nampak dari cara mengajar guru yang membosankan dan kurang kreatif, akibatnya siswa kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga sulit dalam memahami pelajaran. Selain itu penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti penggunaan internet kurang dioptimalkan. Hal ini terlihat pada kurang dimanfaatkannya internet sebagai sumber belajar. Dengan adanya Media Blog diharapkan proses pembelajaran mata pelajaran PPKN menjadi lebih inovatif sehingga minat belajar siswa semakin meningkat dan berdampak terhadap kreativitas belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah ada Pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kediri. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan Metode analisis data menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan yaitu nilai (thitung 6,795> ttabel 2,042) dengan taraf signifikansi 5% dengan demikian nilai dari thitung lebih besar dari ttabel yang menyebabkan Ha yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa diterima.
Kata Kunci : Media Blog, Kreativitas Belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta : Jakarta.

Hartoto, Dkk. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. FIP. Universitas Negeri Makassar.

Huette, S. 2006. Blogs in Education. Universiti of Oregon. Tersedia pada http://tep.uoregon.edu/shared/blogswikispodcasts/BlogsInEducation.pdf diakses pada tanggal 15 Desember 2011.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeda.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Restu Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.