PENGARUH SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan model perlakuan Pretest-Posttest Control Group Design, Tujuan penelitian ini untuk menguji efektifitas pembelajaran yang tinjau dari hasil belajar siswa Kelas X mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Subyek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan IPS 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari hasil uji efektifitas diketahui bahwa siswa yang mencapai ketuntasan 27 siswa artinya yang tuntas secara klasikal 90% siswa serta memenuhi KKM. Dari hasil uji perbedaan rata-rata bahwa hasil nilai t hitung yaitu (2,53) > t tabel (1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan sumber belajar berbasis lingkungan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas X Geografi pada materi hidrosfer. Hasil respon siswa terhadap proses pembelajaran bahwa siswa yang menyatakan sangat setuju 92%, setuju 8% artinya proses pembelajaran efektif.
Kata Kunci : Sumber Belajar, Hasil Belajar, Geografi.
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri,dkk. 2008. Strategi Pembelanjaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Cetakan Keenambelas.
Sudjana, Nana, Dan Ahmad Rivai.2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Suharyono.1990. Geografi dalam Dunia Ilmu dan Pengajaran Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press
Sardiman. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Impelementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. .Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wiratmojo,P dan Sasonohardjo, 2002. Media Pembelajaran. Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muzakkir Muzakkir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.