Strategi Peningkatan Mutu Melalui Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi Swasta (Descriptive Study di Prodi Manajemen Undikma)

Agus Fahmi, Menik Aryani, Lu'luin Najwa

Abstract


Kurikulum Merdeka atau MBKM yang telah diterapkan diberbagai institusi pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi saat ini menjadi acuan baru peningkatan mutu pendidikan dengan semangat pembangunan sumber daya manusia yang mumpuni. Pelaksanaan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi Swasta memantik perhatian dari berbagai kalangan karena pada dasarnya kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) saja masih pada tahapan penyesuaian. Seharusnya MBKM menjadi pelengkap dan penyempurnaan dari pelaksanaan KKNI, sehingga pengembangan kompetensi yang luas untuk mahasiswa dapat dicapai secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap strategi jitu dan alternatif pengambilan keputusan apa yang dapat menjadi acuan dalam pengelolaan kurikulum merdeka guna peningkatan mutu khususnya pada Prodi Manajemen dan Lembaga Universitas Pendidikan Mandalika pada umumnya. Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode study descriptive yaitu dengan melakukan observasi dan interview secara mendalam, intens, dan directive sehingga memudahkan untuk menemukan Strength, Weaknesses, Opportuninity, dan Threat (SWOT) dalam upaya peningkatan mutu dalam pelaksanaan Kuruikulum Merdeka Belajar (MBKM). Terdapat kesesuaian dan kausalitas antara pelaksanaan MBKM dan KKNI di Program Studi, yaitu Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sendiri didasarakan adanya tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, kompetensi, dan pengembangan skill. Selanjutnya, orientasi pada keutuhan capaian kompetensi pembelajaran, meliputi unsur sikap/tata nilai, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Sehingga strategi peningkatan mutu pembelajaran yakni dengan melakukan serangkaian kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreatifitas dan keterampilan to do something mahasiswa harus dilakukan di dalam maupun di luar kelas perkuliahan.   


Keywords


Strategi; Mutu; Kurikulum Merdeka; PTS

References


Bogdan, Robert C, and Biklen S.K., (1982). Qualitative Research in Education, Boston, Allyn & Bacon, inc.

Daga, Agustinus Tanggu. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal educatio Vol 7 No 3 (2021). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1279

Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

David, Fred R. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Disdikbud. 2020. Reformasi Pendidikan Nasional Melalui Merdeka Belajar. Pringsewu: Disdikbud

Fahmi, Agus. 2020. Strategi Manajemen Akademik Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal Paedagogy Vol 7, No 4 (2020). http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2853

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lincoln, Yvonna S. & Guba, Egon G. (1985). Naturalistic Inquiry. California, Beverly Hills: Sage Publications.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI-Press.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (1), 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248.

Rahamsyah, F. M. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index.

Rodiyah. (2021). Implementasi Program Merdeka belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Responsif terhadap kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Dalam: Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Penidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, hlm. 1-12. htpps://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356.

Wulandari, D. dkk. (2021). Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Panduan-Kerjasama-Kurikulum-dan-Implementasi-MBKM-Tahun-2021-Final.pdf.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Fahmi, Menik Aryani, Lu'luin Najwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.