PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR SISWA TUNA GRAHITA

Wiwiek Zainar Sri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modifikasi media pembelajaran dengan menggunakan game Adobe Flash untuk pembelajaran matematika untuk meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa tuna grahita. Media pembelajaran matematika untuk meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa tuna grahita merupakan media pembelajaran interaktif yang dibuat untuk guru, guru pendamping, orang tua anak tuna grahita sehingga dapat membantu anak tuna grahita dalam penguasaan konsep angka dan penjumlahan sederhana pada pembelajaran matematika. Model pengembangan modifikasi media game adobe ini menggunakan model penegembangan dari Luther untuk menghasilkan produk berupa software modifikasi media game adobe flash konsep angka dan penjumlahan sederhan dalam bentuk CD (Compact Disc) untuk anak tuna grahita. Teknik pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu observasi dan angket. wawancara pada guru kelas, observasi dan konsultasi kebeberapa ahli diantaranya psikolog anak, design grafis, programmer dan ahli media pembelajaran sebagai landasan acuan pembuatan media. sedangkan analisis data menggunakan analisis validitas dan uji coba lapangan terbatas. Beberapa komponen media yang dimodifikasi dari media game Adobe Flash yang sudah ada antara lain (1) komponen grafis, (2) animasi, (3) audio, dan (4) materi. Pemilihan sub materi pada media disesuiakan dengan kemampuan konsep angka dan penjumlahan sederhana anak tuna grahita. Hasil penilaian angket dari validasi ahli media menunjukan skor rata-rata penilaian karakteristik sangat baik, dengan skor 4,23 dan 4,25 dari hasil validasi ahli materi. Berdasarkan hasil temuan diatas, dapat disimpulkan bahwa modifikasi media game Adobe Flash untuk pembelajaran dengan menggunakan game Adobe Flash untuk pembelajaran matematika meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa tuna grahita. layak untuk digunakan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Konsentrasi, Minat Belajar, Tuna Grahita.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka cipta.

Ahira, Anne. 2011. Psikologi Warna (online),(http://www.anneahira.com/psikologi-warna.htm), diakses 26 Mei 2014.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Asyarudin, & Sopandi. (2013). Upaya Mengurangi Tantrum Melalui BrandWave Music Therapy Bagi Anak tuna grahita di SLB Fan Redha Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 280-288

Berger, D. (2002). Music Therapy, and The Autistic Child Sensory Integration. London dan Philadelphia: Jessica Kingsley Publisher.

Cathcart, W. George dkk. 2003. Learning Mathematics in Elementary and Middle School. United State of America: Merrill Prentice Hall.

Copley, Molenda and Russel. 2001. Instructional Media. New York: Macmillan Publishing Company

Danuatmaja, Bonny. 2003. Terapi Anak tuna grahita di Rumah. Jakarta:Puspa Swara.

Darman, Prawira. 2002. Teori Warna dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: ITB

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Rama Widya.

David, Paul & John. 2000. Computer-Aided Learning For People With Autism. Innovations In Education and Teaching Learning.

Delphi, Bandi. 2009. Pendidikan Anak tuna grahitatik. Klaten: Intan Sejati.

Djatun, Rahmat. 1999. Dasar Penelitian Pendidikan. FKIP UNS: Surakarta

Fatimah. 2009. Matematika Asik dengan Metode Pemodelan. Bandung: Tarsito

Goldsmith, dkk. 2004. Use of technology in interventions for children with autism. International journal of special education volume 1, issue number 2, 2004. diakses 15 Februari 2014

Handojo, Y. 2004. Autisme: petunjuk praktis dan pedoman materi untuk anak mengajar anak normal, autis dan prilaku lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hellen H.E & Kaya N. 2004. Color Matching From Memory (online), (http://www.owlsdottir.com), diakses 26 Maret 2011.

ICBS. 2002. Color Therapy The Meaning and Power Of Color (online), diakses 26 Desember 2014.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Leslie, Alan & Uta Frith. 1988. Autistic Children’s Understanding of Seeing, Knowing and Believing, 6: 315-324. International Journal of Instructional special education. diakses 18 Juni 2014

Mirza, Maulana. 2010. Anak tuna grahita: Mendidik Anak tuna grahita dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogjakarta: Katahati.

Mayer, Richard E. 2009. Multi Media Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar; Surabaya: ITS Press.

Miswanto. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajarn IPA SD Berbasis Media Dengan Program Macromedia Flash Dengan Pokok Bahasan Sistem Tata

Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munir. 2013. Multimedia; Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta; Prestasi Pustaka

Owlsddottir. 2011. Color Therapy (online), diakses 26 Desember 2013.

Park, Hyungsung. 2012. Relationship between Motivation and Student’s Activity on Educational Game. International Journal of Grid and Distributed Computing Vol. 5, No. 1, March, 2012 Diakses 13 Mei 2014.

Passolunghi & Pazzaglia.2004. Individual differences in memory updating in relation to arithmetic problem solving. International Journal of Science & Mathematics Education 14 (2004) 219–230. Diakses 4 April 2014

Paweni. 2009. Software for Kids With Special Needs. The Exceptional Parent, 29(12):64-65.

Peeters, Theo. 2012. Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: PT.Dian Rakyat.

Philipp, Michel. 2004. The Use of Technology in the Study, Diagnosis and Treatment of Autism. Final term paper for CSC350: Autism and Associated Developmental Disorders. . Diakses 6 Februari 2014.

Phill dkk. 2011. Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak tuna grahita. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Philip & Andrew. 2009. The Triad of Impairment in Autism Revisited. Journal of Child and Adolescent Psychiatric Nursing, 22 (4): 189. Diakses tanggal 18 Mei 2014.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Rahardaja, Djaja & Sujarwanto. 2010. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Surabaya; Universitas Negeri Surabaya..

Rusman, dkk. (2013). Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. (2006). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Perdana Media Group.

Saleh, Samsubar. 1996. Statistik Nonparametrik Edisi 2. Yogyakarta:Universitas Gadjah Mada.

Sayeski & Paulsen. 2011. Mathematics Reform Curricula and Special Education: Identifying Intersections and Implications for Practice. Journal of Special Education Leadership; Sep2011, Vol. 29 Issue 13, p7. Diakses 18 juli 2014

Sofnidar Dan Husni Sabil. 2012. Pengembangan bahan ajar pendidikan matematika dengan pendekatan kontekstual. Journal edumatica volume 02 nomor 02, oktober 2012. Diakses 17 Mei 2014

Sudjana dan Rivai. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiarto, Prambanan D.S & Pratitis (2004). Pengaruh Social Story Terhadap Kemampuan Berinteraksi Anak tuna grahita, Anima (Online), 19: 250-270

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan tinggi.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Suroso, dkk. 2010. Elektronik Tugas Akhir. Depertemen Pendidikan Nasional

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sukmadinata, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Swanson, H. Lee. 2006. Cognitive processes that underlie mathematical precociousness in young children. Journal of Experimental Child Psychology 93 (2006) 239–264. diakses 25 Mei 2014

Tadjudin. 2008. Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka http://www.bpkpenabur.or.id/files/20Bilangan%20Manipulatif.com. Diakses tgl 1 Me1 2014

Tanner, Dixon & Verenikina. 2012. Adobe Flash as Digital Technology in the Learning of Students with Autism Spectrum Disorders (ASD) in Applied Classroom Settings. International Journal of Disability, Development and Education, 51(2), 217. Diakses 18 Juni 2014.

Thiagarajan, dkk. 1974. Instruction Development for Training Teacher of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.

Tomatis. (2005). The Ear and The Voice The Scare Crow Press. Sound Theraphy Internasional. Paris

Uno, Hamzah B. (2012) Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yosfan, Azwandi. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.624

Refbacks



Copyright (c) 2022 Wiwiek Zainar Sri Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.