EFEKTIVITAS MODULAR INSTRUCTION DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN IKIP MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan modul (modular instruction) dengan cara melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan FIP IKIP Mataram. Metode penelitian digunakan eksperiment dengan metode pengumpulan data mengunakan tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkanbahwa metode pembelajaran dengan menggunakan modul berpengaruh signifikan yaitu (5,438>2,093) pada taraf signifikan 5% yang menolak hipotesis nihil (Ho) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modul (modular instruction) efevkif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan.
Kata Kunci: Modular Instruction, Hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2010.”Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi”. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian kuantitatif. Rineka Cipta: Jakarta.
Andriani Durri. 2003. Pengembangan dan pemanfaatan modul dalam pembelajaran. Universitas Terbuka: Jakarta.
Hamzah B. Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Majid Abdul. 2018. “Perencanaan pembelajaran: Mengembangkan kompetensi guru. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nana Sudjana. 2014. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Prastowo Andi. 2014. ”Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik”. Kencana Prenadamedia Group: Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hastuti Diah Ikawati
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.