MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 SEKONGKANG
Abstract
Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah di kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen pada kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah; Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah Sumbawa pada kelas eksperimen; Untuk mengetahui hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan lagu daerah Sumbawa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu “t” hitung lebih besar dari “t” tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu (14,725 > 1,681) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan” dengan demikian kesimpulan yang diperoleh: “Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016, hal ini menunjukkan Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016 diterima.
Kata Kunci: Media Lagu Daerah, Pembelajaran Menulis, Cerpen.
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Badrun, A. 1983. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.
Hartono, B. 2007. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia. Semarang: Unnes.
Murahim. 2014. Penulisan Kretif Sastra. Mataram: FKIP Universitas Mataram Press.
Murtono, S; & Murwani, S. 2010. Seni Budaya Dan Keterampilan. Yudhistira.
Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Thahar, H.E. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa Bandung.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Farida Fitriani, Wiwien Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.