HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Ary Purmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA dan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa intensitas belajar mempunyai hubungan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang memberikan sumbangan/kontribusi sebesar 32,5% dan sisanya sebesar 67,5% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel penelitian.
Kata kunci : Intensitas Belajar, Prestasi Belajar, Fisika


Full Text:

PDF

References


Afandi, Mahbub. 2008. Pengaruh Intensitas Bimbingan Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri I Durenan Trenggalek. Malang: UM.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fitris, Wuri Amelia. 2011. Korelasi Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Di Gugus II Kota Malang. Malang: UM.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumain. 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang tua dan Intensitas Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri I Malang. Malang: UM.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ary Purmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.