PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRETASI

M. Zainul Mustamiin

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS dan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 80 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar IPS. Hasil analisis data sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional (Fhitung=5,052>Ftabel=3,960). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS (Fhitung=0,019<Ftabel=3,111). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (Qhitung=11,3>Qtabel=2,95). Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (Qhitung=10,9>Qtabel=2,95).
Kata kunci : Kooperatif Learning, Jigsaw, IPS.


Full Text:

PDF

References


Adri,NiKetut,Implementasi pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Calistung Siswa Kelas III SD No.3 Bungkulan,Tesis,Programpascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2009

Anonim, Kurikulum, IPS SMP (2004). Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah, Jakarta

Artama, A. I. M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Mendoyo . Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8 (3).

Aseany,Luh Kadek Agung, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8 (3).

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Candiasa,I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Petunjuk Analisis dengan SPSS. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman. 2008“Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tematik Dalam Kaitan dengan Implementasi KTSP”, Makalah, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi.

.......,2003b. Ketentuan Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono,2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono,2012.Statistik untuk Penelitian . Bandung :Alfabeta

Slameto. 1989. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Suparno, As. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syamsuddin. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Zainul Mustamiin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.