IMPLEMENTASI PAMERAN FOTOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MATARAM

Husein Baysha, Endah Resnandari Puji Astuti

Abstract


Pameran fotografi yang diselenggarakan menyajikan produk foto-foto berbasis project based learning dengan harapan mahasiswa mampu mengembangkan karir dengan baik sesuai dengan keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (2) mengetahui ketercapaian hasil implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (3) mengidentifikasi kendala implementasi pameran fotografi berbasis project based learning. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan, (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk pameran yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan adalah Pameran Fotografi dengan tema “Pendidikan dan Kearifan Lokal”. Fungsi pameran fotografi yang dilaksanakan prodi Teknologi Pendidikan adalah sebagai sarana apresiasi, komunikasi, fungsi edukasi, rekreasi, prestasi, motivasi dan berorganisasi bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan, civitas akademika, dan masyarakat.


Kata kunci : Pameran, Fotografi, Project Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Akbar Zaelani. 2011. Pameran. Modul Metode dan Teknik Penyuluhan Perikanan (belum dipublikasikan)

Bandi Sobandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Maulana Offset: Solo.

Edi Mulyanta. 2007. Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: pustaka Pelajar

H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Iqbal Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud. 2014. Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lexy J Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Made Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

R. Mursid. 2012. Penerapan Model Project-Based (Berbasis Proyek) dan Motivasi Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 14 Nomor 1 Edisi April. Halaman 61-73. Jakarta: PPs. UNJ.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Husein Baysha, Endah Resnandari Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.