STUDI EVALUASI EFEKTIVITS PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH TINGGI ISLAM TARBIYAH (STIT) PALAPA NUSANTARA

Agus Jayadi

Abstract


Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskeriftif kuantitatif dan prosentase. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilasn dan selanjutnya dijadikan dasar untuk mengambil keputusan. Evaluasi ini terdiri dari lima komponen yaitu :1). System Assesment, 2). Program Planning, 3). Program Implementation, 4). Program Improvement, 5). Program Certification. 1) System Assessment, meliputi aspek kebijakan pemerintah, visi, misi, tujuan program dan kebutuhan mahasiswa 2) Program Planning, meliputi a). kemampuan pembimbing dalam membimbing mahasiswa yang diperoleh dari guru pamong sebesar 73.23% angka tersebut menunjukkan tingkat kemampuan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa PPL dapat di kategori tinggi atau cukup mampu. Sedangkan data yang di peroleh dari mahasiswa menunjukkan angka sebesar 66.62%, angkat tersebut dapat di kategori tinggi atau cukup mampu. b). kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPL dapat di tunjukkan dalam angka sebesar 70.23%, angka tersebut menunjukkan tingkat kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa di kategorikan tinggi atau cukup mampu. Sementara data yang menunjukkan kemampuan guru pamong yang di peroleh dari mahasiswa sebesar 56.12% atau di kategorikan tinggi atau cukup mampu, dari hasil secara keseluruhan dapat di nilai cukup mampu.c). kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan indikator-indikator yang harus di kuasai selama pelaksanaan PPL. Data yang di peroleh dari guru pamong menunjukkan tingkat kemampuan mahasiswa sebesar 60.00%, angka tersebut dapat di kategorikan rendah.Sementara data yang di peroleh dari dosen pembimbing menunjukkan tingkat kemampuan mahasiswa sebesar 59.00% atau dapat di kategorikan rendah.Dari angka keseluruhan dapat di simpulkan baha hasil penilaian yang di peroleh dari dua responden kemampuan mahasiswa di kategorikan rendah. d). sarana dan prasarana yang ada di kampus dan di sekolah tempat pelaksanaan PPL berlangsung secara rinci menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan penyediaan sarana dan prasarana yang ada di kampus STIT Palapa Nusantara sebesar 56.81% dan prosentase ini mendekati kategori tinggi. Sedangkan hasil observasi yang di lakukan di sekolah tempat pelaksanaan PPL berlangsung sebesar 44.66%, prosentase ini mendekati kategori rendah. 3). Program Implementation. terdiri dari : (a). Sistem rekrutmen mahasiswa (b). Sistem rekrutmen dosen pembimbing, (c). Teknik sosialisasi program, perekrutan sekolah dan MOU. 4). Program Imvropment. Proses pelaksanaan PPL1) mempersiapkan surat menyurat kesekolah, menentukan dosen pembimbing, mengkordinirmahasiswa memberikan pembekalan. 5).Program Certification, tingkat ketercapaian tujuan PPL diperoleh sebesar 60% dan 40%nya masih dikatakan belum tercapai.
Kata Kunci : Evaluasi, PPL.


Full Text:

PDF

References


------------. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009. Pendidikan Guru

------------. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Achsanuddin. Praktik Pengalaman Lapangan, Membentuk Profesional Guru. UMM Malang: 2001.

Alkin, Marvin C. Evaluation Theory Development, di dalam Blaine R. Worthen and James R. Sanders (Editors), Educational Evaluation: Theory and Practice. Ohio: Charles A. Jones Publishing Company, 1973.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2005).

Senat STIT, Statuta STIT PALAPA NUSANTARA (Lombok Timur : 2011).

Suharjo, Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006).

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Jayadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.