Penerimaan Mahasiswa Universitas Dinamika Bangsa Jambi terhadap Penggunaan e-learning

Imelda Yose, Lola Yorita Astri

Abstract


E-Learning sebagai salah satu sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar sangat membantu sekali dalam masa belajar daring. Disebabkan oleh pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau perguruan tinggi khususnya Universitas Dinamika Bangsa Jambi untuk menggunakan e-learning berbasis LMS (Learning Management System) yaitu Moodle pada link: www.elearning.unama.ac.id untuk melakukan proses belajar mengajar. Namun masih ada kendala dalam penerapannya. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) bertujuan untuk mengetahui penerimaan mahasiswa terhadap elearning tersebut. Bersifat riset kuantitatif, penelitian ini melemparkan kuesioner yang direspon oleh 268 orang mahasiswa dan terdiri dari tujuh buah hipotesis yang harus dibuktikan. Setelah diolah dan dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM), terdapat satu hipotesis yang ditolak.

Keywords


E-Learning; Moodle; Learning Management System;

References


Bachtiar, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning Di Universitas Xyz Menggunakan Tecnology Acceptance Model (Tam). 13.

Buana, A., & Linarti, U. (2021). Measurement of Technology Acceptance Model (TAM) in Using E-Learning in Higher Education. 14(2), 7.

Chin, W. W. (2010). How to Write Up and Report PLS Analyses. In V. Esposito Vinzi, W. W. Chin, J. Henseler, & H. Wang (Eds.), Handbook of Partial Least Squares (pp. 655–690). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8_29

Iqbal, J., & -, A. (2019). Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi. InFestasi, 14(2), 116. https://doi.org/10.21107/infestasi.v14i2.4856

Lee, S. S., & Wella, W. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa. Ultima InfoSys, 9(2), 70–78. https://doi.org/10.31937/si.v9i2.913

Marjan, L. L., Kusumantara, P. M., & Mukaromah, S. (2018). Analisis Hubungan Antar Variabel Technology Acceptance Model (Tam) Pada E-Learning Upn “Veteran” Jawa Timur Dengan Pendekatan Uji Signifikansi. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas, 11(2), 13–24. https://doi.org/10.33005/sibc.v11i2.1124

Napitupulu, D. (2017). Kajian Penerimaan e-Learning dengan Pendekatan TAM [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/6euqp

Paudi, S. A., Takdir, R., Kom, S., Cs, M., Arif, M. R., Kom, S., & Kom, M. (n.d.). Penerapan Metode TAM Dalam Analisis E-Learning Pada SD Laboratorium UNG. 11.

Pradana, F., Bachtiar, F. A., & Priyambadha, B. (2019). Penilaian Penerimaan Teknologi E-Learning Pemrograman berbasis Gamification dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 163. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019621288

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Rahmawati, R. N., & Narsa, I. M. (2019). Penggunaan e-learning dengan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.26232

Setiyani, L. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S. M. (2016). Google classroom as a tool for active learning. 020069. https://doi.org/10.1063/1.4960909

Siahaan, T. I., & Wagiu, E. B. (2017). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) pada Sistem E-Learning Universitas Advent Indonesia. TeIKa, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.36342/teika.v7i2.754

Suryani, L., & Murniyasih, E. (n.d.). Analisis Penerimaan Aplikasi E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). 7(1), 8.

Wati, D. N. S., & Indriyanti, A. D. (2021). Pengukuran Penerimaan Teknologi dan Pengaruh Kualitas E-Learning terhadap Efektifitas Pembelajaran pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode TAM dan. 02(03), 7.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Imelda Yose, Lola Yorita Astri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.