PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Muhammad Samsul Fadli, Hastuti Diah Ikawati

Abstract


Di sekolah Madrasah Aliyah NW Sanggeng dalam proses belajar mengajar ditemukan masalah dilapangan, diantaranya, setelah melakukan observasi dan analisis masalah bahwa penggunaan pembelajaran multimedia dalam proses pembelajaran memberikan suasana yang berbeda disaat proses pembelajaran berlagsung. Gejala positif telah ditunjukkan melalui sikap siswa dalam pelaksananan proses belajar. Sebelum siswa menggunakan pembelajaran multimedia, mereka hanya menghafal teori, pemahaman siswa tentang isi materi hanya sebatas pemahaman secara teoritis, sehingga tidak ada perkembangan yang signifikan pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah NW Sanggeng baik dalam pemahaman secara teori dan terlebih lagi motivasi belajar. Pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah NW Sanggeng telah menunjukkan perubahan yang signifikan, siswa yang telah mendapatkan sistem pembelajaran multimedia cenderung motivasinya lebih tinggi dibandingkan siswa yang belum mendapatkan sistem pembelajaran multimedia. Akan tetapi, disisi lain ada siswa yang tidak mengalami perubahan meski sudah diberikan sistem pembelajaran multimedia. Tujuan yang ingin dicapai adalah Ingin mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah NW Sanggeng?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket, dokumentasi .Sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis statistik dengan menggunakan rumus Chi Kwadrat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa derajat kebebasannya adalah (dk) = 9 dan taraf kesalahan yang ditetapkan 5% maka chi kwadrat tabel = 16,919, sedangkan chi kwadrat hitung = 17,19 maka dari itu dapat disimpulkan chi kwadrat hitung lebih besar dari pada chi kwadrat tabel ( 17,19 > 16,919 ). Sesuai ketentuan kalau chi kwadrat hitung lebih besar dari chi kwdrat tabel maka, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi kesimpulannya adalah hasilnya signifikan dan hipotesis alternatif yang di ajukan ada Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah NW Sanggeng.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Bina Aksara

Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Bina Aksara.

Ariani, dkk. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Prestasi Pustaka : Jakarta

Bidanshop, 2012. pengertian-skala-likert. http://bidanshop.blogspot.com/2010/01/pengertian-skala-likert.html, hari kamis, tgl 29 maret, Pukul 19:54

Djarwanto,.2000. Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi, Yogyakarta : Liberti.

Gintings, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora : Jakarta.

Hadi Sutrisno, 2000. Metodologi Resech Jilid 2, Andi : Jogjakarta.

Karno, dkk,. 1978. Tabel Matematika SLTP , Surakarta : PT Tiga Serangkai Pustaka

Mandiri.

Luluvikar,2012.aplikasi-multimedia-dlm-pembelajaran. http://luluvikar.files.wordpress.com/2011/10/aplikasi-multimedia- dlm-pembelajaran.pdf, hari kamis, tgl 29 maret. Pukul 19:52

Nengmarlina, 2012.multimedia-pembelajaran. http://nengmarlina.blogspot.com/2011/02/pengertian-multimedia- pembelajaran.html, hari kamis, tgl 29 maret, Pukul 19:54

Muhammad Saleh (2010) judul skripsi “Pengaruh penggunaan media audio vidio terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtida’iyah An-Nur Bogak Desa Tumpak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011” IKIP : Mataram.

Nazir, Moch. 2005. Metodelogi Penelitian. Geila Indonesia : Bogor

Nurmayanti (2011), judul skripsi “Hubungan antara penggunaan media dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti layanan BK di SMA 1 Bayan Tahun Pelajaran 2010/2011”IKIP : Mataram.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian. Penerbit SIC : Surabaya.

Sugiyono . 2010. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung.

Surnawati, Siti. 2010. Skripsi Optimalisasi Bimbingan Konsling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. IKIP : Mataram.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung. Tim Penyusun,2011. Pedoman Penulisan Skripsi. IKIP : Mataram.

Wikipedia, 2012. Multimedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, hari kamis, tgl 29 maret. pukul 19:59




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Samsul Fadli, Hastuti Diah Ikawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.